Kamis 12 Feb 2015 14:21 WIB

Tri Hanggono Achmad Terpilih Sebagai Rektor Unpad Terbaru

Rep: Friska Yolandha/ Red: Dwi Murdaningsih
Kampus Unpad, Bandung
Kampus Unpad, Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Tri Hanggono Achmad terpilih sebagai Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) periode 2015-2019. Tri Hanggono terpilih menjadi setelah memperoleh suara terbanyak dalam penghitungan suara yang dilakukan dalam Sidang Pleno Senat Unpad di Ruang Serba Guna Gedung II Lantai 4 Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Kamis (12/02).

Tri Hanggono memperoleh suara sebanyak 138 suara. Dua calon rektor lain, yaitu Hendarmawan dan Rina Indiastuti memperoleh masing-masing suara sebanyak 94 suara dan 30 suara. "Satu suara abstain dalam pemilihan kali ini," kata Kepala UPT Humas Unpad Soni A Nulhaqim dalam siaran pers yang diterima Republika, Kamis (12/2).

Total suara yang masuk pada proses pemilihan rektor Unpad ini adalah sebanyak 263 suara. Suara ini terdiri dari 171 suara dari anggota senat dan 92 suara dari Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI. Dalam acara tersebut, Menristekdikti RI diwakili oleh Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Pendidikan Tinggi, Supriadi Rustad.

Sidang pleno juga dihadiri oleh para saksi yang terdiri dari Anggota Dewan Pengawas, Dewan Penyantun, Guru Besar Emeritus, Alumni, Rektor Unpad ke-7 Yuyun Wirasasmita, dan Rektor Unpad ke-9 A Himendra Wargahadibrata. Pemilihan ini juga dihadiri perwakilan Mahasiswa.

"Selamat untuk Tri Hanggono yang telah terpilih sebagai Rektor Unpad Periode 2015-2019," kata Rektor sekaligus Ketua Senat Unpad, Ganjar Kurnia. Ia berharap seluruh civitas akademika Unpad dapat kembali membangkitkan semangat kebersamaan untuk membangun Unpad ke depan.

Tri Hanggono lahir di Bandung, 22 September 1962. Ia merupakan guru besar bidang Clinical Biochemistry di Fakultas Kedokteran Unpad. Ia menyelesaikan studi Doktornya di Institut of Clinical Biochemistry, School of Medicine, University of Bonn, Jeman, pada 1995. Saat ini, Tri Hanggono menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Unpad.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement