Jumat 06 Feb 2015 10:13 WIB

Hilangkan Kesan Negatif tentang Dokter, Mahasiswa FK UMY Baksos di Desa

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Indah Wulandari
Praktik dokter
Foto: abc
Praktik dokter

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Sekitar 60 mahasiswa Fakultas Kedokteran Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan karyawan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta melakukan bakti sosial di lima desa.

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berlangsung tanggal 1 -20 Februari 2015 ini dalam rangka Milad RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta ke-92 dan Milad FKIK  UMY,” kata ketua panitia Eka Budy Santoso, Jumat (6/2).

Baksos itu dilakukan di Desa Cangkringan, Bronggang, Argomulyo Sleman ; Desa Wukirsari, Sempon, Cangkringan Sleman ; Kelurahan Ngampilan;  Desa Bodeh, Ambarketawang Sleman; Kelurahan Kotagede Yogyakarta; Kampung Kauman Yogyakarta.

Para relawan dibagi menjadi 10 kelompok dan masing-masing kelompok didampingi seorang pembimbing dan juga ada seorang dokter serta perawat.

‘’Dengan kegiatan ini diharapkan mereka bisa terasah dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sehingga ketika sudah selesai pendidikan dan terjun ke masyarakat mereka tidak lagi dikenal sebagai petugas kesehatan yang galak, judes dan sebagainya,’’kata Eka.

Ragam baksos yang dilaksanakan, antara lain Pendidikan bahaya HIV  dan AIDS untuk SMP dan SMA daerah setempat; Peer Education (Pendampingan Sebaya) ;Penyuluhan Kesehatan Reproduksi; Posyandu Remaja, dan  Apotek Hidup.

Ada pula penyebaran leaflet mengenai bahaya merokok untuk remaja, perawatan gigi dan cuci tangan yang benar untuk anak sekolah dasar atau TPA. Hingga pelatihan pijat bayi dan cek gula darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement