Sabtu 31 Jan 2015 15:23 WIB

Begini Cara Menjaga Kebersihan Rongga Mulut

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Menyikat gigi
Foto: pixabay
Menyikat gigi

REPUBLIKA.CO.ID, Kebersihan dan kesegaran rongga mulut merupakan cermin tubuh yang sehat. Karena itu Anda harus menjaga kebersihan dan kesegarannya setiap hari. Bagaimana caranya? Berikut tips yang diberikan oleh Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Prof Dr drg Melanie Sadono Djamil, Mbiomed.

Hal pertama yang harus Anda lakukan menjaga kebersihan rongga mulut dengan menyikat gigi dua kali sehari. Yakni, pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Cara sikat gigi yang benar adalah menyikat gigi dengan gerakan yang tepat. Yaitu dengan gerakan seperti menyungkil, arah gusi ke gigi baik untuk gigi atas maupun bawah serta semua permukaan gigi terbersihkan. Diakhiri dengan gerakan memutar agar menjaga peredarahan darah sekitar gusi tetap baik.

Selain itu, gunakan sikat gigi dengan bulu halus dan masih baik. Sikat gigi 15 sampai 20 detik setelah makan, agar memberikan kesempatan enzim pencernaan tahap awal bekerja.

Ia juga menyarankan memilih jenis obat kumur yang tergolong daily antiseptic Mouthwash (obat kumur antiseptik untuk pemakaian sehari-hari) setelah menyikat gigi dua kali sehari. Fungsinya untuk menuntaskan proses pembersihan baik di sela-sela gigi dan mukosa rongga mulut maupun lidah.

“Pastikan juga obat kumur yang dipilih memiliki bukti penelitian klinis, dengan kandungan zat aktifnya terbukti efektif membunuh microorganism aerob dan an-aerob yang bersembunyi dibawah biofilm,” sarannya.

Ia menambahkan bila perlu dapat meenggunakan flossing (benang gigi) dan atau water pick (semprotan air), agar benar-benar tidak ada yang tersisa di sela-sela gigi.

Tak hanya itu, pilih makanan yang banyak mengandung serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Jika menemukan makanan yang mudah menempel pada gigi, segera berkumur agar sisa makanan lepas.

Jangan lupa, kontrol ke dokter gigi setiap enam bulan sekali, atau lebih cepat tergantung kondisi rongga mulut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement