Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Selamat Ulang Tahun Muhammad Ali

Ahad 25 Jan 2015 06:11 WIB

Rep: C12/ Red: Didi Purwadi

Muhammad Ali

Muhammad Ali

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, ARIZONA -- Setelah sempat menderita infeksi saluran kemih, petinju legendaris Muhammad Ali kini mulai sehat kembali. Meski menderita masalah kesehatan di usianya yang sudah tak muda lagi, Ali tetap bersyukur karena tepat pada 17 Januari kemarin masih bisa merayakan ulang tahunnya yang ke -73.

Seperti dilansir dari Courier Journal, Sabtu (17/1), peraih tiga kali juara tinju kelas berat ini merayakan ulang tahunnya itu di Muhammad Ali Center di Louisville, pada Sabtu (17/1) lalu.

Sekitar 300 orang penggemarnya datang untuk menyambut dan memberikan kebahagiaan kepada Ali. Mereka yang datang berbagi cerita dan hadiah kepada Ali.

Bob Gunnell, juru bicara keluarga Ali mengungkapkan kepada Agence France-Presse (AFP) bahwa ikon tinju keluar dari rumah sakit hari Jumat dan bahwa ia sudah tak sabar untuk merayakan ulang tahunnya pada hari Sabtu di rumah dengan keluarga dan teman-teman.

Pada Kamis (15/1) lalu waktu setempat, Muhammad Ali dilarikan ke rumah sakit setelah ditemukan tak bergerak saat mendiami rumahnya. Kata salah satu kelurga, Bob Gunnell, Ali kembali dilarikan ke rumah sakit karena penyakit infeksi di saluran kemihnya kambuh.

Besoknya, pada Jumat (16/1), Ali sudah bisa keluar dari rumah sakit karena pihak keluarga ingin agar Ali beristirahat di rumahnya sekaligus untuk merayakan ulang tahunnya itu.

Padahal, sepekan sebelumnya, ia baru keluar dari rumah sakit karena menderita penyakit tersebut. Gunnel menuturkan, keluar besar Muhammad Ali berterima kasih dengan dukungan para pihak yang selama ini berharap apa yang terbaik untuk Ali.

Seperti dikutip dari Radar Online, malam hari Ali tidur seperti biasa, yakni pada Selasa (13/1) malam waktu setempat. Namun, keesokannya, hingga siang hari dan bahkan malam besoknya Ali tak juga bangun dari kasurnya.

Barulah, pada Kamis pagi (15/1), Ali langsung dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa. Saat ke rumah sakit, Ali langsung masuk ke ruang Intensive Care Unit (ICU). Rumah sakit tempat ia dirawat hingga kini masih dirahasiakan. Istri Ali, Lonnie, dan anak perempuannya, Hana, menemani Ali di Rumah Sakit.

Penyakit yang dideritanya itu sudah terjadi sejak bulan lalu. Pada 20 Desember lalu, ia mengakui dirinya menderita penyakit pnemonia ringan. Ia pun harus dirawat selama dua pekan. Dalam opname itu, hasil pemeriksaan tim dokter menyebutkan ternyata Ali menderita infeksi saluran kemih. Pada 7 Januari, Ali dibolehkan keluar dari rumah sakit.

Belum ada foto dirinya hingga ia merayakan ulang tahunnya pada pekan lalu, 17 Januari. Meski sakit, Ali kala itu tetap keluar untuk menyaksikan olah raga dan mengunjungi para kerabatnya.

Ali muncul di depan publik pada September lalu, di mana saat itu digelar sebuah acara Muhammad Ali Humanitarian Awards. Memang ia tak bicara banyak, tapi banyak masyarakat yang berfoto bareng petinju itu.

Bahkan, mantan pemain NFL, Jim Brown, juga ikut berfoto bareng dengannya. Sambil membungkukan badannya, ia berbisik, "Kau terbesar sepanjang masa." Selain itu, ia juga muncul di hadapan publik dalam kejuaraan sepak bola untuk melihat cucunya di Las Vegas pada Desember lalu.

Ia dan istrinya memiliki rumah di Arizona, Berrien Springs, Michigan, dan di Louisville, Kentucky. Petinju berjuluk The Greatest dan Louisville Lip ini, pensiun pada 1981 dengan rekor 56 kemenangan dan hanya mengalami lima kekalahan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA