Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Memijat Bayi dengan Benar, ini Triknya

Jumat 23 Jan 2015 06:35 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Pijat bayi/ilustrasi

Pijat bayi/ilustrasi

Foto: lovingtouch.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak ada yang bisa menggantikan nyamannya sentuhan kasih orangtua. Melalui sentuhan, bayi memahami rasa aman, nyaman dan indahnya dicintai orangtua.

Pijat bayi merupakan salah satu medianya. Inilah teknik memijat bayi yang bisa Anda praktikan di rumah seperti dikutip www.parentsindonesia.com.

Pijat Kaki

Mulailah dengan kaki, karena kaki adalah bagian yang sering dipegang, sehingga bayi sudah tidak merasa asing jika Anda memegang kakinya untuk mulai memijat. Pegang kaki bayi pada pangkal paha, lalu gerakan tangan ke bawah secara bergantian seperti memerah susu dan putar. Pegang pangkal paha dengan tangan bersamaan. Peras dan putar lembut kaki bayi dari pangkal paha ke arah mata kaki. Lalu urut telapak kaki bergantian menggunakan dua ibu jari dari tumit ke telapak kaki. Pijat jari kaki satu demi satu dengan gerakan memutar menjauhi telapak. Akhiri dengan tarikan lembut di setiap ujung jari. Peras dan putar pergelangan kaki dengan ibu jari dan jari lain. Usap kaki bayi dengan tekanan lembut dari pangkal paha hingga akhir.

Perut

Pijat perut dari atas ke bawah seperti gerakan mengayuh sepeda. Mulailah dengan bagian kiri atas ke bawah dengan jari tangan membentuk huruf I atau L terbalik.

Pijat Dada

Dada adalah bagian tubuh paling emosional, bahkan bagi bayi. Semua gejolak emosi bertumpuk di dada. Letakan tangan di atas dada dengan lembut, lalu buat gerakan perlahan-lahan dari ulu hati, ke atas sampai dengan bawah leher lalu ke samping kiri-kanan di atas tulang selangka lalu kembali ke ulu hati. Bila digambarkan, gerakan ini membentuk seperti gambar sayap kupu-kupu, karena itu gerakan ini disebut butterfly strokes.

Pijat lengan

Peras dan putar lembut lengan dengan kedua tangan mulai dari pundak ke pergelangan tangan. Pijat telapak tangan dengan ibu jari, dari telapak sampai jari-jari. Usap punggung tangan dari arah pergelangan ke jemari dengan lembut. Peras sekeliling pergelangan tangan dengan ibu jari dan telunjuk.

Pijat wajah

Letakkan ibu jari di tengah-tengah kedua alis mata bayi. Pijat lembut alis dan bagian atas kelopak mata. Pijat pertengahan alis lalu turun ke bawah melalui samping lipatan hidung.

Pijat punggung

Tengkurapkan bayi, pijat sepanjang punggungnya maju mundur dari pantat sampai leher. Dari atas punggung sampai dengan pantat, buat gerakan melingkar dengan jari.

Bila urutan pijatan tidak sampai selesai, pijat bayi bisa dilakukan dua kali dalam sehari. Namun jika sudah masuk tahap pijatan seluruh tubuh selama 20 menit, sehari sekali saja sudah cukup.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA