Senin 19 Jan 2015 21:02 WIB

Ibu Menyusui Perlu Dukungan Suami

Ibu Menyusui
Foto: Republika/Musiron
Ibu Menyusui

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibu menyusui disebut sangat membutuhkan dukungan penuh dari suami agar lancar dan berhasil dengan baik.

"Terkadang proses menyusui itu tidak simpel, ada hambatan," kata Dokter Spesialis Anak dari RS Bunda Jakarta, dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, SpA, di Jakarta, Senin (19/1).

Pratiwi menjelaskan, terkadang ibu yang baru melahirkan, air susu ibu (ASI) tidak langsung keluar. "Nah hal-hal yang seperti itu sangat membutuhkan dukungan suami, karena membutuhkan proses yang terkadang tidak simpel," katanya.

Dokter spesialis anak pun menurutnya perlu memberikan edukasi kepada calon ibu sebelum proses melahirkan. "Dalam proses edukasi tersebut, bisa diinformasikan kepada si calon ibu mengenai inisiasi menyusui dini dan lain sebagainya," katanya.

Selain itu, kata dia, perlu ada bimbingan mengenai menyusui termasuk hal-hal yang selama ini dikhawatirkan oleh para ibu. "Semuanya harus dilakukan, dikomunikasikan dengan baik oleh dokter agar si ibu tenang, apalagi kalau ASI tidak langsung keluar saat awal melahirkan," katanya.

Sekali lagi, kata dia, semua proses akan mudah dilewati jika ada dukungan suami atau keluarga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement