Senin 19 Jan 2015 18:11 WIB

Mahasiswa UNY Sulap Labu Siam Jadi Sirup Menyehatkan (1)

Rep: yulianingsih/ Red: Damanhuri Zuhri
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Labu siam (Sechium edule) atau biasa disebut Labu Jipang di Jawa Tengah dan Manisah di Jawa Timur serta Waluh Siam di Jawa Barat, selama ini hanya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran oleh masyarakat.

Bahkan keberadaannya yang gampang dicari serta murah harganya seringkali menjadi bahan sayuran yang awet. Padahal kandungan air di dalam buah tersebut cukup banyak.

Hal inilah yang menggelitik empat mahasiswa Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk meneliti lebih jauh kandungan air dan gizi pada buah tersebut. Keempat mahasiswa ini bahkan membuat inovasi minuman dari sari buah labu siam ini.

Melalui beberapa kali percobaan dan penelitian keempatnya akhirnya berhasil membuat sirup buah labu siam yang kemudian diberinama Silabus.

Silabus menjadi sirup buah alternatif bagi masyarakat yang mengandung banyak vitamin dan gizi serta serat yang menyehatkan. Bahkan penelitian keempat mahasiswa UNY ini kini siap dipasarkan jika ada pesanan dan memiliki nilai keekonomian yang tinggi.

Keempat mahasiswa Fakultas MIPA UNY yang berhasil membuat minuman sehat dari Labu Siam ini adalah Fauzia Budi Mariska, Hanifah, Isna Amanatul Hayati, dan SitiRahmawati. Keempatnya adalah mahasiswa Pendidikan IPA Fakultas MIPA UNY.

"Penelitian kita lakukan berulang kali dengan berbagai percobaan hingga menghasilkan kadar sirup yang pas dengan lidah masyarakat Indonesia," ujar Fauzia Budi Mariska, Senin (19/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement