Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Ibu, Jangan Lakukan Kesalahan Ini di Dapur Rumah

Kamis 15 Jan 2015 19:32 WIB

Red: Indira Rezkisari

Ibu dan anak memasak di dapur/ilustrasi

Ibu dan anak memasak di dapur/ilustrasi

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, Rumah seharusnya menjadi tempat yang paling aman bagi anak. Sebaliknya, anak seringkali jatuh atau terluka saat berada di rumah.

Salah satu tempat yang berbahaya bagi anak adalah di dapur. Apa saja kesalahan yang kerap dilakukan orang tua dengan dapurnya?

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, berikut adalah sejumlah daftar kesalahan di dapur yang bisa melukai anak.

Oven mudah dibuka  
Bahaya terbesar yang dihadapi adalah terbakar.  Namun kepala anak Anda juga dapat terbentur dengan pintu oven  bila Anda meninggalkan kain lap atau handuk kecil di gagang pintu oven dan anak Anda menariknya.  

Jika oven sedang menyala,  pastikan pintunya dalam keadaan terkunci. Yang paling aman adalah pasang kunci oven atau pasang palang pintu yang menghalangi si kecil masuk ke dapur.

Perangkat yang kecil bisa dijangkau
Menurut penelitian yang dilakukan Children’s Hospital of Michigan, kebanyakan batita bisa menjangkau bagian meja dapur yang digunakan untuk meracik bumbu atau mengolah makanan.

Artinya mereka dapat menurunkan barang-darang yang terletak di atasnya, dan yang sangat berbahaya adalah duduk di atas meja itu. Sekalipun coffeemaker Anda diletakkan di sisi belakang counter, pastikan kabelnya sudah dicabut. Dan jangan meninggalkan bangku di dapur, karena anak bisa menggunakannya untuk menggapai tempat-tempat yang berbahaya baginya.

Peralatan makan dapat dijangkau
Adalah salah bila membiarkan pisau tergeletak begitu saja di dapur. Simpanlah pisau di suatu tempat yang diletakkan dalam lemari di atas meja dapur.  

Ini sangat penting, terutama bagi Anda yang memiliki anak kebutuhan khusus, kata Rhodes. “Mereka bisa menjadi lebih impulsif dan merebut pisau tersebut, itu sangat berbahaya.”

Kulkas yang tidak aman
Jika anak Anda dapat membuka pintu kulkas dengan tangannya sendiri, pertimbangkanlah untuk memasang kunci. Setidaknya pastikan Anda tahu barang-barang apa saja yang tersimpan di dalam kulkas.

Selalu berjaga-jaga dari bahaya tersedak yang disebabkan oleh benda-benda seperti buah anggur, tutup botol, dan obat-obatan  yang di simpang di rak-rak kulkas.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA