Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Tips Mengamankan Dapur dari Anak

Kamis 15 Jan 2015 19:17 WIB

Red: Indira Rezkisari

Dapur/ilustrasi

Dapur/ilustrasi

Foto: flickr

REPUBLIKA.CO.ID, Dunia anak adalah dunia bermain. Seluruh bagian rumah dipandangnya sebagai ruang bermain yang tanpa batas. Termasuk, area dapur.

Tak heran anak sudah bosan dengan mainan yang ada, dia akan menjelajah ke area dapur. Panci, piring, dan sendok mungkin akan menjadi mainan baru yang menarik baginya.

Sebaiknya jauhkan anak dari benda berbahaya seperi kompor, oven, atau microwave. Supaya dapur menjadi tempat yang bersahabat bagi si kecil, coba ikuti cara mengamankan dapur ini, seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Pintu dapur selalu tertutup
Karena dapur penuh dengan benda-benda yang berisiko bagi anak, sangat bagus untuk membatasi anak masuk ke area ini apalagi bila Anda tidak ada di dekatnya.

Lemari yang rendah dikunci
Produk-produk pembersih seperti deterjen dan semir furnitur mengandung racun. Simpan barang-barang ini dalam lemari yang dilengkapi dengan kunci magnet, gunakan juga kunci trandisional (gembok) untuk mengunci kotak penyimpanan barang-barang yang mengandung bahan kimia, atau letakkan barang-barang  tersebut  di tempat yang tinggi yang tidak terjangkau oleh anak-anak. Ini adalah saran Jim Schmidt, MD, dokter anak di bagian gawat darurat yang juga salah seorang pendiri Child Safety Housecall, perusahaan yang bergerak di bidang childproofing and safety di Virginia Beach, Virginia.   

Mesin pencuci piring selalu terkunci
Kecelakaan yang paling sering terjadi adalah menelan deterjen, kata Dr. Schmidt. Segera jalankan mesin pencuci piring setelah Anda menambahkan deterjen.

Simpan pisau dengan bagian yang tajam di sebelah bawah dan biarkan piring  di dalam mesin sesingkat mungkin. Banyak mesin pencuci piring dilengkapi dengan setingan kunci, coba periksa apakah mesin Anda juga memilikinya.

Kalau tidak ada, ada baiknya Anda membeli kuncinya. Mungkin Anda perlu mencoba beberapa untuk menemukan kunci yang cocok dengan mesin Anda.

Microwave jauh dari jangkauan anak
Yang terbaik adalah meletakkannya di tempat yang tinggi.  Namun jika microwave Anda terpaksa diletakkan di atas countertop (bagian dapur yang paling banyak digunakan untuk mempersiapkan proses memasak sampai penyajian), maka jangan beranjak dari sana ketika si kecil ada di rumah.  

Jangan sekali-kali meninggalkan  makanan panas di dalamnya, dan pastikan anak Anda tidak berada di sekitar microwave ketika Anda mengambil makanan panas dari dalamnya.

Kenop kompor disimpan
Tarik kenop mati nyala kompor ketika Anda tidak sedang memasak. Lebih baik lagi bila Anda menggunakan pelindung kompor yang terbuat dari plastik atau metal yang menempel di bagian depan yang membuat anak-anak yang ingin tahu, sulit menyalakan api. Dan jangan pernah membiarkan pegangan panci menghadap ke depan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA