Sabtu 10 Jan 2015 19:19 WIB

Keyakinan McLaren, Kekhawatiran Mercedes

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Didi Purwadi
Balapan Formula Satu.
Foto: AP/The Canadian Press/Ryan Remiorz
Balapan Formula Satu.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Presiden McLaren, Ron Dennis, menunggu kembali tampilnya Fernando Alonso yang bergabung dengan McLaren setelah pindah dari Ferrari. Dennis menjadi faktor utama reunian pebalap dan pemilik konstruktor untuk menyiptakan kesuksesan pada musim 2015.

Dilansir dari laman resmi Formula 1, Alonso disebut Dennis telah berkembang selama mengembara di Renault dan Ferrari. Kemampuan dan karisma Alonso dapat memberikan keyakinan bagi McLaren untuk mematahkan dominasi Mercedes.

''Kami harus sukses bersama dan kami telah sepakat untuk meraihnya. Kami juga memiliki banyak solusi untuk memperbaiki keretakan hubungan kami,'' ujar Dennis.

Alonso juga membalas sentimen Dennis dengan mengatakan, bergabung dengan McLaren merupakan kesempatan untuk menyelesaikan hal yang belum tercapai pada 2007. Alonso pindah pada tahun yang sama ke Ferrari karena permasalahan dengan manajemen McLaren.

''Itu sudah tujuh tahun berlalu dan saya telah dewasa. Saya bukan anak muda lagi, dan ada pekerjaan yang harus diselesaikan,'' kata dia.

Alonso menjamin akan tampil maksimal musim 2015, bersama McLaren. Hal terbaik yang dilakukan ialah terus berlatih dan percaya dengan teknisi McLaren.

Sementara itu, masalah muncul dari Mercedes. Pebalapnya yang menjuarai Formula 1, 2014, Lewis Hamilton belum memastikan akan terus bersama Mercedes. Pebalap asal Inggris itu diyakini masih memikirkan nasib kontraknya yang akan habis akhir musim 2015 ini.

Dilansir dari laman Euro Sport, Mercedes menawarkan kontrak 70 juta Poundsterling untuk durasi tiga tahun. Tawaran kontrak itu dianggap sesuai dengan prestasi Hamilton yang telah memenangkan 11 Grand Prix musim 2014, dan membawa Mercedes juara dunia konstruksi, 2014.

Pasalnya, Hamilton masih dinilai sebagai pebalap yang memenuhi segala kriteria yang terbaik di Formula 1. Direktur Mercedes, Toto Wolff, sadar segala kemungkinan bisa terjadi, meski ia optimistis Hamilton bersama Nico Rosgberg tetap menjadi pilar utama Mercedes.

''Saya tidak ingin terburu-buru menanggapi semuanya, saya masih menunggu Hamilton dan masih optimis pebalapnya akan bertahan di Mercedes,'' ujar Wolff melalui Daily Mail.

Namun, Wolff tetap mengantisipasi jika Hamilton hengkang dari Mercedes. Pilihan Wolff pun jatuh kepada Fernando Alonso yang masuk dalam daftar calon utama pengganti Hamilton. Alonso yang meninggalkan Ferrari dan resmi mengendarai Hamilton musim ini disebut memiliki kualitas setingkat dengan Hamilton.

Wolff bahkan menyebut Alonso sebagai sosok pebalap yang berbahaya jika masuk ke arena balap. ''Jika dia diperkirakan akan akan finis di urutan keenam, maka Alonso akan finis di urutan ketiga,'' kata Wolff.

Melalui GP Update, legenda Formula 1, Alex Zanardi menegaskan Lewis Hamilton tetap menjadi pebalap terbaik musim ini. Hamilton disebut Zanardi berada satu tingkat di atas Alonso.

Zanardi mengatakan, dua pebalap tersebut memiliki capaian sama yakni, dua kali juara dunia Formula 1. ''Tapi dalam opini saya, Hamilton tetap yang terbaik saat ini. Mungkin jaraknya tidak terlalu jauh dengan Alonso,'' ujar Zanardi.

Zanardi melanjutkan, hasil 2014 bisa dijadikan acuan untuk pebalap yang akan mendominasi pada musim 2015. Pebalap merupakan hal terpenting dari kejuaraan ini, baru setelah itu mesin mengikuti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement