Kamis 08 Jan 2015 17:06 WIB

Eksim, Penyakit Gatal yang Terus Kambuh

Rep: Yulianingsih/ Red: Indira Rezkisari
Gatal di kulit
Foto: Dok Republika
Gatal di kulit

REPUBLIKA.CO.ID, Anda mengalami penyakit gatal yang sering kambuh sejak kecil? Bila iya, Anda mungkin harus waspada. Sebab gatal seperti itu merupakan salah satu tanda penyakit eksim.

Eksim merupakan penyakit kulit yang biasa ditemukan pada orang dengan kulit sensitif. Ahli dermatologi anak Fakultas Kedokteran UGM, dr Niken Trisnowati mengatakan, eksim merupakan radang pada kulit yang berbentuk ruam. "Penyakit ini tidak menular dan menyerang kulit sensitif dan mudah iritasi," ujarnya usai ujian program Doktor di FK UGM, Kamis (8/1).

Niken berhasil meraih gelar cumlaude dalam ujian tersebut dan dinyatakan sebagai doktor ke 131 FK UGM.

Menurutnya, eksim biasa dialami oleh bayi dan anak kecil. Namun tak jarang orang dewasa juga terkena penyakit ini. Penyakit ini akan menghilang saat diobati dan kembali kambuh suatu saat. Eksim sendiri merupakan penyakit genetis dan kambuhnya dipengaruhi oleh lingkungan.

Penyakit eksim menurut Niken, terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan di beberapa negara industri di dunia penyakit ini naik tiga kali lipat setiap tahunnya. Hal ini lantaran gaya hidup yang mempengaruhi peningkatan penyakit ini.

Meski tidak bisa disembuhkan namun eksim kata Niken bisa dikurangi dengan pengobatan dan pemeliharaan kulit. Pemeliharaan kulit bisa dilakukan dengan pemberian losion pelembab agar vitamin dan protein kulit bisa kembali.

"Eksim ini terjadi lantaran kulit luar yang rusak sehingga tidak bisa melindungi kulit dalam. Akibatnya bakteri cepat masuk. Kulit luar yang rusak bisa disebabkan karena iritasi atau kulit sensitif," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement