Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Musisi Cat Steven Galang Dana untuk Korban Tsunami Aceh

Senin 05 Jan 2015 09:19 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Musisi Cat Steven alias Yusuf Islam.

Musisi Cat Steven alias Yusuf Islam.

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelajar sekolah menengah atas Brondesbury College, London, yang didirikan seniman Inggris Cat Stevens, yang sekarang dikenal dengan nama Yusuf Islam, menggelar malam dana untuk korban tsunami Aceh dalam peringatan 10 tahun bencana itu.

Dalam acara malam dana yang juga dihadiri Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia Hamzah Thayeb, sekolah yang terletak di daerah London Borough of Brent, London, itu berhasil mengumpulkan dana sebesar 44 ribu poundsterling (Rp 771 juta), ujar Charity Administrator, Rahim Kane di London, Senin (5/1).

Menurut Kane, dana yang digalang oleh Yayasan Small Kindness akan disumbangkan untuk membantu meringankan penderitaan anak-anak yatim dan keluarga di Banda Aceh yang terkena bencana tsunami pada 2004 sekaligus memperingati 10 tahun tsunami.

Diaa mengatakan bahwa Yayasan Small Kindness dan Yusuf Islam, juga mengunjungi Aceh pada 2005 untuk membuka kantor lokal amal dan juga merekam dan meluncurkan lagu, 'Samudera Hindia', untuk mengumpulkan dana bagi para korban tsunami.

Dubes Hamzah Thayeb menyampaikan penghargaannya atas perhatian para pelajar di Brondesbury College dan Small Kindness kepada anak anak di Aceh. Bencana tsunami yang melanda Aceh, pada 26 Desember 2004 itu tidak saja menghancurkan berbagai fasilitas tetapi juga membawa banyak korban terutama anak anak yang kehilangan orang tua.

"Saya sangat menghargai usaha yang dilakukan Yusuf Islam yang datang ke Aceh sebulan setelah bencana stunami dan ikut??membantu para korban serta membuka kantor di Aceh pada tahun 2005," ujarnya.

Pada kesempatan itu Dubes Hamzah Thayeb secara personal juga menyampaikan apresiasinya dan menyebutkan bahwa ayahandanya berasal dari Aceh dan lahir di Kota Paureulak.

Dia menyatakan, sekecil apapun bantuan yang diberikan sangat berharga, khususnya untuk pendidikan anak anak di Aceh. Dalam acara malam dana itu ditampilkan pesan video dari anak-anak yatim itu yang mengungkapkan harapan dan aspirasi mereka untuk masa depan.

Yayasan sosial Small Kindness yang didirikan Yusuf Islam pada 2000 terus berkomitmen untuk melanjutkan pekerjaan di Indonesia dan khususnya untuk membantu anak-anak dan keluarga dari Banda Aceh mencapai impian mereka dan membangun kembali kehidupan mereka.

Yusuf Islam dikenal lewat lagu berjudul Father and Son, Wild World, Peace Train, Moonshadow, serta Morning Has Broken.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA