Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

NU Ajak Warga Bekasi Sambut Tahun Baru Sesuai Kebudayaan Islam

Senin 29 Dec 2014 18:51 WIB

Rep: c 79/ Red: Indah Wulandari

Marawis

Marawis

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI--Nahdatul Ulama (NU) Cabang Kota Bekasi mengadakan festival kebudayaan bernuansa Islam untuk menyambut malam tahun baru 2015.

Dalam acara tersebut, nantinya bakal disuguhkan kesenian musik seperti hadrah, marawis dan kasidah yang seluruhnya digagas oleh Badan Otonom NU.

"Banyak anak muda merayakan tahun baru dengan berpesta, meniup terompet dan menyalakan kembang api. Kami ingin menghilangkan tradisi itu dan menggantinya dengan kegiatan yang lebih bermanfaat," ujar Ketua Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) Kota Bekasi Rizki Topananda, Senin (29/12).

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya NU untuk mensyiarkan dakwah Ahlussunnah Wal Jamaah. Serta mengarahkah para pelajar dan generasi muda untuk tidak melakukan hal yang dilarang dalam ajaran Islam saat malam pergantian tahun tiba.

Pembukaan acara ini, lanjut Rizki, akan diadakan pada Senin (29/12) malam. Sedangkan untuk acara puncak akan dilaksanakan pada Rabu (31/12), atau tepatnya pada malam penyambutan pergantian tahun.

Namun, Ketua Gerakan Pemuda Ansor Ahmad Yudistira mengaku kecewa terhadap Pemkot Bekasi yang tidak ikut andil dan mendukung kegiatan festival kesenian islam ini. Padahal, kegiatan ini, menurutnya, memberikan dampak yang lebih positif untuk pembentukan moral para pemuda dan pelajar di Kota Bekasi.

"Sangat disayangkan pihak Pemkot tidak memberikan apresiasi mereka dalam bentuk dukungan serta wadah kepada majelis taklim dalam mensyiarkan agama. Semoga di tahun depan mereka mau turut serta mempertahankan kebudayaan islam yang semakin lama semakin tergerus oleh budaya Barat," pungkas Ahmad.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA