Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

Liburan, Situ Cilodong Jadi Pilihan Tempat Mancing

Jumat 26 Dec 2014 15:17 WIB

Rep: C12/ Red: Winda Destiana Putri

Situ Cilodong

Situ Cilodong

Foto: depok-wisata.blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Libur natal dimanfaatkan oleh sebagian warga untuk berekreasi. Salah satu alternatif rekreasi di kota Depok adalah Situ.

Salah satunya adalah situ Cilodong, situ ini biasa dijadikan tempat memancing gratis oleh warga Depok.

Sahal (50) warga Sukmajaya, Depok mengaku memilih mengisi liburan dengan memancing bersama dua anaknya. Selain gratis, Situ Cilodong merupakan salah satu situ yang memiliki banyak jenis ikan air tawar. Sehingga Sahal menjadikan Situ Cilodong sebagai tempat favoritnya memancing.

"Anak saya sama saya memang hobi mancing, jadi sering kesini biarpun jauh," ujar Sahal saat ditemui Republika di sela-sela nya memancing, Jumat (26/12).

fnMw8rlitF0

Tak hanya Sahal, beberapa warga juga memanfaatkan Situ Cilodong jadi tempat pemancingan. Situ seluas 10 hektar ini terhubung dengan mata air yang berada di Situ Cimaya dan memiliki satu pintu air yang terhubung dengan Kali Baru. Adanya aliran air yang tenang mengakibatkan banyak ikan yang lalu lalang diantara celah celah aliran tersebut. Warga yang datang untuk memancing pun mengelilingi pinggiran Situ.

Johan (47) warga Cilodong juga mengaku lebih memilih wisata air yang murah meriah seperti di Situ Cilodong ini ketimbang harus pergi ke pusat perbelanjaan. Pegawai Swasta ini memanfaatkan waktu liburnya disekitar rumah. Selain nyaman, bisa menghemat pengeluaran.

"Ke bogor macet, ke mall juga pasti ramai. Parkir ribet, yasudah saya mending kesini aja," ucap Johan sembari menarik kailnya.

Jika tak gemar memancing, para warga juga bisa memilih duduk di depan Situ Cilodong, ada berbagai jenis jajanan. Pepohonan rindang berjejer di sekitar area Situ Cilodong menambah kesejukan liburan. Sepertinya yang dilakukan oleh Sulastri yang sedang menemani anak dan suaminya memancing. Ia memutuskan untuk menunggu di bawah pohon pinggir Situ Cilodong sembari menyantap es kelapa muda.

Menurut Sulastri liburan tak harus mewah, dengan berbekal uang yang tak banyak keluarga kecil Sulastri bisa menikmati liburan sembari melepas penat. "Kalau bisa hemat ya enggak apa-apa, bisa tetep happy," ujar Sulastri.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA