Rabu 17 Dec 2014 12:07 WIB

Lima Manfaat Buah dalam Diet

Rep: C13/ Red: Winda Destiana Putri
Diet (Ilustrasi)
Foto: Allwomenstalk
Diet (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Buah merupakan makanan yang hampir disukai sebagian besar manusia. Buah tidak hanya memiliki rasa yang nikmat, namun juga memiliki manfaat yang besar. Buah juga diketahui secara umum sebagai bahan makanan yang dapat membantu menurutnkan berat badan.

Buah yang diperkaya dengan vitamin dan mineral, yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik. Buah-buahan juga membantu kita tetap sehat dan penuh energi setiap hari. Ada juga beberapa cara buah membantu pelaku diet untuk menurunkan berat badan lebih mudah dan lebih cepat.

Berikut ini beberapa manfaat buah dalam penurunan berat badan atau diet seperti yang dikutip dari laman Womanitely.

Buah-buahan dapat membantu membakar lemak

Ada beberapa buah yang dapat membantu Anda membakar lebih banyak lemak dalamsehari. Salah satu yang buah yang dapat membakar lemak, jeruk.

Buah jeruk dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda, menstabilkan kadar glukosa darah, dan membakar lebih banyak lemak. Namun, itu bukan berarti bahwa Anda harus mengkonsumsi jeruk saja setiap hari.

Lemon merupakan buah yang juga dapat membantu membakar banyak lemak. Ia memiliki sifat detoksifikasi yang fantastis. Sifat ini membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Buah-buahan yang rendah kalori

Meskipun ada buah-buahan tertentu yang tinggi kalori, perlu diingat bahwa kalori tidak akan merusak diet Anda. Satu pisang ukuran sedang mengandung 120 kalori, sedangkan yang kecil hanya 100 kalori.

Dengan hanya mengunyah pisang kecil, maka ini dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, Apel, persik dan pir juga bisa menjadi bagian dari buah-buahan ini.

Bahan bakar saat olahraga

Buah merupakan salah satu makanan terbaik yang bisa dimakan sebelum dan sesudah olahraga. Sebab, buah menjadi sumber yang sangat baik dari glukosa sehingga dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda.

Karena kadar glukosa yang tinggi, buah-buahan bisa membantu otot pulih lebih cepat dan bekerja lebih keras. Dengan begitu, camilan pisang, apel, blueberry, anggur, atau pir sangat tepat dikonsumsi  sebelum  atau sesudah berolahraga. Ini perlu dilakukan agar bisa meningkatkan energi Anda dan meningkatkan kinerja.

Membantu mengurangi kembung

Buah-buahan termasuk makanan yang kaya akan air. Hal ini tentu sangat berguna  dalam diet Anda. Untuk itu, mengkonsumsi buah-buahan merupakan cara cepat dan mudah untuk mengurangi kembung, yang biasanya disebabkan oleh kelebihan cairan pada sel-sel Anda.

Womanitely, Rabu (17/12) mengungkapkan terdapat buah-buahan tertentu yang dapat membantu melepaskan cairan dan menghilangkan kembung. Buah-buahan tersebut seperti Jeruk, anggur, melon, nanas.

Camilan sehat

Buah-buahan dirasa tepat untuk dijadikan makanan ringan apabila Anda sangat sibuk sehingga tidak sempat mengisi perut. Buah-buahan sendiri dapat membantu meningkatkan metabolisme dan energi. Selain itu, buah juga bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement