Senin 15 Dec 2014 17:39 WIB

Ini Lima Tanda Kekurangan Vitamin K

Obat, vitamin dan suplemen (ilustrsi).
Foto: Republika/Prayogi
Obat, vitamin dan suplemen (ilustrsi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Sama seperti vitamin lainnya, vitamin K berperan penting bagi tubuh, seperti vitamin K2 misalnya, yang menjaga tulang tetap kuat dan memelihara arteri tetap bersih.

Hanya saja, jika tubuh tak mendapatkan asupan vitamin K yang cukup, maka sejumlah masalah pun bisa mengintaimu.

Berikut enam tanda jika tubuh kekurangan vitamin K seperti dilansir Boldsky, Senin (15/12) :

1. Pendarahan

Salah satu tanda tubuh kekurangan vitamin K adalah terjadinya episode pendarahan yang tak normal. Hidung berdarah atau gusi berdarang merupakan tanda yang dapat kau perhatikan. Pada kasus yang estrim, pendarahan juga bisa terjadi pada organ pencernaan. Di samping itu, urin yang mengandung darah juga merupakan tanda yang signifikan.

2. Masalah dalam perkembangan janin

Salah satu tanda tubuh kekurangan vitamin K salah satunya bisa terlihat saat seseorang hamil lalu janin mengalami pendarahan internal, jari yang cacat dan wajah janin yang tidak berkembang dengan baik.

Vitamin K berperan membantu seluruhnya perkembangan janin. Inilah mengapa perempuan hamil memerlukan asupan suplemen vitamin K.

3. Darah membeku tak normal

Salah satu tanda tubuhmu kekurangan vitamin, terutama vitamin K adalah pembekuan darah yang luas dalam tubuhmu. Ini terjadi karena adanya penurunan kadar protombin darah akibat kurangnya asupan vitamin K.

4. Pengkristalan kalsium

Kekurangan vitamin K juga dapat menyebabkan deposisi kalsium yang berlebihan terutama pada jaringan lunak . Oleh karena itu , pengerasan arteri merupakan salah satu tanda tubuh kekurangan vitamin K. Dalam kondisi ekstrim, hal ini dapat menyebabkan kalsifikasi aorta berat .

6. Masalah di usus

Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan masalah besar pada usus kecil. Sebagian besar masalah ini adalah obstruksi bilier (penyumbatan pada saluran empedu), malabsorpsi (Tak mampunya saluran pencernaan menyerap nutrisi dengan baik), fibrosis sistik (munculnya lendir dari beberapa kelenjar tubuh sehinga mempengaruhi organ-organ tubuh penting) dan reseksi usus kecil .

Agar terhindar dari masalah-masalah tersebut, penting untuk memastikan tubuhmu mendapatkan cukup vitamin K.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement