Jumat 12 Dec 2014 08:05 WIB

Sebab-Sebab Utama Kolesterol Tinggi (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Telur seringkali diklaim sebagai makanan kolesterol tinggi.
Foto: corbis
Telur seringkali diklaim sebagai makanan kolesterol tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol tinggi berasal dari berbagai sumber, termasuk riwayat kesehatan keluarga Anda dan apa yang Anda makan. ROLers, berikut adalah penyebab paling umum mengapa seseorang bisa memiliki kolesterol tinggi, dilansir dari Health.com, Jumat (12/12).

Diet

Makan terlalu banyak lemak jenuh dalam menu sarapan dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Anda menemukan lemak ini dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging sapi, susu, telur, mentega, dan keju.

Makanan kemasan yang mengandung minyak kelapa, minyak sawit, atau cocoa butter mungkin lebih banyak mengandung lemak jenuh. Anda juga menemukan lemak jenuh pada margarin, minyak sayur, dan sebagian besar kue, kerupuk, keripik, dan makanan ringan lainnya.

Berat badan

Perut Anda yang buncit bukan hanya buruk bagi kehidupan sosial, tapi juga kesehatan. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan trigliserida dan menurunkan HDL atau kolesterol baik.

Tingkat aktivitas

Turun dari sofa malas Anda dan bergeraklah. Kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan LDL atau kolesterol jahat dan menurunkan HDL.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement