Makanan Malaysia yang Wajib Icip Saat Ramadhan (3-Habis)

Rep: Umi Soliha/ Red: Indira Rezkisari

Kamis 02 May 2019 12:06 WIB

Roti Jala

Roti Jala

Foto: Flickr
Roti jala Malaysia banyak digemari sebagai hidangan berbuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan tak hanya disambut gembira umat Muslim di Indonesia. Beberapa negara tetangga Indonesia yang memiliki banyak umat Muslim seperti Malaysia turut mempersiapkan diri menjelang Ramadhan beberapa hari mendatang.

Sama seperti orang Indonesia, masyarakat Malaysia memiliki sejumlah makanan yang wajib ada tiap Ramadhan. Beberapa di antara makanan tersebut juga sangat familiar bagi lidah Indonesia.

Dikutip dari laman CNN, Kamis (2/5), berikut sejumlah makanan khas Ramadhan di Malaysia.

11. Otak–otak
Otak–otak adalah kuliner yang terbuat dari ikan tenggiri cincang yang dibungkus dengan daun pisang, dipanggang, dan disajikan dengan kuah asam pedas. Rasanya yang khas dengan aroma ikan membuat pangan ini banyak digemari oleh berbagi lapisan masyarakat. Ukuran yang tidak terlalu besar cocok dijadikan untuk teman ngemil.

12. Tepung pelita
Tepung pelita adalah jenis kue basah Malaysia yang disajikan dengan daun pisang yang berbentuk kotak. Kue ini terdiri dari beberapa lapis, lapisan atas terdiri dari santan kental dengan garam dan di bagian bawah diisi dengan dengan tepung beras yang sudah dicampur dengan gula dan daun pandan agar warnanya menjadi hijau.

13. Rempeyek
Rempeyek sering menjadi  teman lezat untuk menikmati nasi pecel atau makanan utama lainnya. Beragam jenis rempeyek yang akan memanjakan lidah Anda, diantaranya kacang –kacangan dan ikan teri.

14. Roti Jala
Roti jala atau roti jaring adalah makanan khas Ramadhan yang biasnya disantap dengan kuah kari. Konon makanan khas Malaysia ini teradaptasi dengan unsur India.

15. Putu piring  
Putu piring adalah sejenis kue yang terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan gula aren di bagian tengahnya.  Makanan ini disebut putu piring karena bentuknya mirip dengan piring. Kue ini juga merupakan kue adaptasi dari kue tradisional India.



Baca Juga

Play Podcast X