Makanan Malaysia yang Wajib Icip Saat Ramadhan (2)

Rep: Umi Soliha/ Red: Indira Rezkisari

 Kamis 02 May 2019 11:56 WIB

Beragam kuih khas Malaysia. Foto: Wikipedia Beragam kuih khas Malaysia.

Kuih Malaysia memiliki kemiripan dengan aneka jajan pasar Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan tak hanya disambut gembira umat Muslim di Indonesia. Beberapa negara tetangga Indonesia yang memiliki banyak umat Muslim seperti Malaysia turut mempersiapkan diri menjelang Ramadhan beberapa hari mendatang.

Sama seperti orang Indonesia, masyarakat Malaysia memiliki sejumlah makanan yang wajib ada tiap Ramadhan. Beberapa di antara makanan tersebut juga sangat familiar bagi lidah Indonesia.

Dikutip dari laman CNN, Kamis (2/5), berikut sejumlah makanan khas Ramadhan di Malaysia.

6. Kuih
Kue basah Malaysia dan Indonesia punya banyak kemiripan atau bahkan sama persis. Kue-kue basah yang sama namun beda nama diantaranya, onde–onde jika di Indonesia disebut klepon, kuih denderam yang terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan gula merah cair dan parutan kelapa, kuih apam, biasanya mempunyai variasi warna yang beragam seprti, warna putih, hijau, cokelat dan merah mudah. Jika Indonesia kue ini mirip dengan kue mangkok.

7. Air Tebu
Air tebu juga menjadi minuman lebaran yang tidak boleh ketinggalan. Rasa segar dan manis yang ditawarkan mampu membuat momen lebaran lebih berkesan. Selain itu air tebu mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh, sehingga tidak hanya berfungsi menghilangkan dahaga namun juga menyehatkan tubuh.

8. Cendawan goreng
Cendawan goreng adalah jamur goreng. Biasanya cendawan goreng dibumbui dengan cabai atau bumbu panggang. Cendawan goreng sangat cocok dijadikan sebagai makan ringan sambil berjalan–jalan menikmat hari libur lebaran.

9. Serunding daging atau ayam
Serunding ayam atau di Indonesia lebih dikenal dengan ayam suir ini adalah hidangan umum yang muncul di Ramadhan. Serunding akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan lemang.

10. Lemang
Lemang sangat cocok dimakan dengan hidangan daging atau sayuran. Lemang adalah beras ketan yang dicampur dengan santan dan dimasak dalam bambu. Proses memasak  lemang cukup memakan waktu mulai dari melapisi bambu dengan daun pisang untuk memastikan nasi tidak lengket, membakar perlahan–lahan bambu yang sudah berisi ketan di atas api, proses ini disebut tapai. Lemang lebih nikmat disantap hangat–hangat. Cara memakan lemang pun berbeda ada yang suka menikmatinya dengan cara manis dan ada juga yang senang dengan cara asin.




Baca Juga

Play Podcast X