Makanan Malaysia yang Wajib Icip Saat Ramadhan (1)

Rep: Umi Soliha/ Red: Indira Rezkisari

 Kamis 02 May 2019 11:46 WIB

Nasi Kerabu. Foto: Flickr Nasi Kerabu.

Makanan Malaysia nasi kerabu unik karena berwarna biru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan tak hanya disambut gembira umat Muslim di Indonesia. Beberapa negara tetangga Indonesia yang memiliki banyak umat Muslim seperti Malaysia turut mempersiapkan diri menjelang Ramadhan beberapa hari mendatang.

Sama seperti orang Indonesia, masyarakat Malaysia memiliki sejumlah makanan yang wajib ada tiap Ramadhan. Beberapa di antara makanan tersebut juga sangat familiar bagi lidah Indonesia.

Dikutip dari laman CNN, Kamis (2/5), berikut sejumlah makanan khas Ramadhan di Malaysia.

1. Rendang
Makanan yang termasuk ke dalam daftar 50 hidangan terlezat di dunia ini adalah salah satu makanan wajib yang ada di rumah saat Ramadhan hingga Lebaran. Kebanyakan orang tidak bisa menolak kenikmat dari rendang ini, apalagi disantap dengan opor ayam dan ketupat semakin menambah kelezatan memakan rendang. Rendang pun kini memiliki beberapa varian sebagai alternatif bagi orang yang tidak suka memakan rendang sapi, seperti ayam, bebek, hati, jamur dan paru.

2. Apam Balik
Apam balik adalah salah satu camilan manis Malaysia. Makanan yang disebut sebagai pancake malaysia ini terbuat dari campuran telur dan santan. Sebagai pengisi biasanya diberi taburan gula, kacang tanah yang dicacah  dan jagung, sangat cocok dijadikan makanan penutup.

3. Nasi Kerabu
Nasi kerabu adalah makanan khas dari Kelantan di Semenanjung Utara Malaysia.  Nasi ini cukup unik dari nasi–nasi lain karena berwarna biru. Warna biru yang menarik ini berasal dari bunga telang dan nasi kerabu meliki aroma khas yang bersalah dari rempah yang dicampurkan ke dalam nasi seperti bunga kecomrang, daun kesum, daun kaduk dan masih banyak lainnya. Nasi ini juga biasanya di hidangkan dengan tauge, kelapa parut dan saus yang terbuat dari ikan bilis yang disebut budu.

4. Ayam Percik
Ayam ini disajikan dengan sambal pedas, bawang putih dan jahe yang dicampur dengan santan. Jika di Indonesia ayam ini lebih mirip dengan ayam bakar padang dan hidangan ini sangat populer saat Ramadhan dan lebaran di Malaysia khususnya di Klaten.

5. Roti John
Roti John adalah makanan kekinian yang lagi naik daun di kalangan pengemar kuliner di Indonesia. Di Malaysia makan ini pasti selalu hadir saat lebaran. Jika dilihat dari bentuknya, roti John terdiri dari roti baguette lunak dengan isian seperti telur dadar, sayuran, ham, daging cincang, sosis, rempah-rempah, serta campuran saus sambal dan mayones.

 

Baca Juga

Berita Lainnya

Play Podcast X