Ahad 07 Dec 2014 17:43 WIB

Kegiatan Akademik UGM Akan Bernuansa Maritim

Rep: neni ridarineni/ Red: Esthi Maharani
Dwikorita Karnawati
Foto: ugm.ac.id
Dwikorita Karnawati

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA  - Kegiatan Akademik UGM akan mengembangkan pembelajaran bernuansa maritim dan lebih didedikasikan untuk pembangunan maritim.

‘’Sekarang sedang  melakukan persiapan dan pemetaan bagaimana UGM  mengembangkan pembelajaran untuk kepentingan pembangunan maritim,’’ kata  Rektor UGM Prof Dwikorita Karnawati akhir pekan lalu , di Yogyakarta.

Menurut dia, akar budaya maritim harus dikembangkan dan tidak hanya sekedar jalur perdagangan, dan tol laut, melainkan bagaimana budaya bisa menggearakkan ke arah peradaban, perekomomian dan pembangunan fisik.

Dia mengaku mendapat pencerahan dari Gubernur DIY yang juga Raja Kraton Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X yang dengan keistimewaan Yogyakarta akan mengembangkan budaya among tani  kearah budaya dagang layar dan UGM mendukung sepenuhnya. Karena itu pada Agustus lalu  UGM menyelenggarakan bulan Maritim, sebelum Jokowi mencanangkan Tol Laut.

‘’Kami mendapat pencerahan dari Ngarso Dalem (Sultan HB X) baik melalui pidato saat sarasehan tentang budaya maritim  dan disikusi  tentang bagaimana menguatkan pembangunan budaya maritim terutama di sepanjang jalur alki (alur laut kepulauan Indonesia)  dan jalur pedagang. Karena di jalur itu sangat sensitif untuk berinteraksi dengan dunia luar,’’ujarnya.

Lebih lanjut pakar geologi ini mengatakan kalau budaya maritim tidak dikuatkan dan juga dukungan pertahanan serta infrastruktur tidak dikuatkan Indonesia akan menjadi lemah.

‘’Jadi yang dikuatkan tidak sekedar tol laut, memindahkan barang dari pelabuhan ke pelabahan, melainkan bagaimana menggerakkan sosial budaya di jalur tersebut yang ujungnya untuk kesejahteraan,’’kata dia.

Selanjutnya Direktur Eksekutif Kantir Urusan Internasional Danang Sri Hadmoko mengatakan pembelajaran di bidang maritim yang dikembangkan oleh UGM secara komprehensif dengan pendekatan transdisiplin , Misalnya  melalui kurikulum atau mata kuliah tentang maritim di semua jurusan. Untuk itu sedang dilakukan pemetaan kesiapan dosennya.

Saat ini sudah banyak sumber daya manusia di bidang maritim antara lain: ahli di bidang perikanan, di bidang  kedaulatan, di bidang pelabuhan, di bidang transportasi laut, di bidang batas maritim, dan sebagainya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement