Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Ini Tips dan Trik Persiapkan Liburan Musim Ini

Ahad 07 Dec 2014 20:10 WIB

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri

Travelling (Ilustrasi)

Travelling (Ilustrasi)

Foto: News

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Libur telah tiba, mungkin Anda sudah menyiapkannya sejak jauh-jauh hari sebelum akhir tahun ini tiba. Lebih dari 46 juta orang diperkirakan melakukan perjalanan liburan Thanksgiving musim ini.

Menurut proyeksi AAA, 90% dari mereka bepergian menggunakan mobil. Dilansir dari laman CNN, Minggu (7/12), berikut tips dan trik mempersiapkan perjalanan di musim ini agar liburan terasa lebih menyenangkan.

Pertama-tama tips soal memilih waktu penerbangan. Sebelum berangkat, Anda bisa mengecek cuaca saat itu melalui aplikasi jalur pesawat atau aplikasi cuaca misalnya.

Lalu jika didapatkan kabar cuaca buruk, Anda sebaiknya jangan terlalu khawatir. Ingat, Anda liburan untuk bersenang-senang jadi hilangkan seluruh kecemasan. Karena perusahaan maskapai penerbangan juga tahu apa yang lebih baik dilakukan, apakah itu menunda perjalanan atau lainnya.

Kedua, jangan lupa membawa semua benda yang sekiranya nanti akan sangat dibutuhkan. Juga bawa pakaian yang sesuai dengan perkiraan cuaca di tempat tujuan wisata Anda.

Misalnya bawalah mantel, antisipasi bila cuaca dingin, sepatu, makanan, kebutuhan anak jika Anda orang tua, dan apapun perkakas lainnya untuk antisipasi segala hal agar liburan juga tidak terganggu. Bekal makanan juga bisa menghemat anggaran liburan Anda.

Ketiga, perhatikan juga baik kendaraan maupun peralatan Anda lainnya yang membutuhkan pengisian ulang. Misalnya persediaan aki mobil, begitu juga charger untuk ponsel yang nantinya akan berguna saat di pesawat.

Karena jangan terlalu mengharapkan misalnya outlet listrik di sekitar bandara atau tempat lainnya sebab bila sulit, Anda juga akan kecewa.

Keempat, jika memungkinkan, Anda bisa memesan tiket penerbangan gratis. Biasanya tidak sedikit maskapai penerbangan yang menawarkan kesempatan pada pelanggannya untuk rebook penerbangan mereka secara gratis sebelum pelanggan meninggalkan bandara.

Bahkan terkadang maskapai penerbangan akan membebaskan biaya untuk rebook terutama jika prediksi cuaca buruk untuk melakukan penerbangan. Pastikan untuk hal ini Anda juga bergerak cepat, bila tidak, bisa didahului pelanggan lain.

Rick Seaney, CEO FareCompare.com juga menyarankan, pastikan Anda memiliki alamat e-mail dan nomor telfon maskapai. Untuk memudahkan jika ada sesuatu yang ingin Anda sampaikan.

Tidak hanya nomor telfon, Anda juga bisa mengikuti perkembangan aktivitas maskapai melalui media sosial seperti Twitter dan Facebook. Dengan itu, pihak maskapai juga bisa membalas ataupun berinteraksi langsung dengan Anda.

Kelima, patuhhi aturan penerbangan. Tidak ada gunanya berdebat dengan pramugari misalnya, karena yang dirugikan juga diri kita sendiri. Apakah Anda ingin berdebat dengan orang yang bisa saja langsung mengeluarkan Anda dari pesawat? Jadilah penumpang yang bijak.

Terakhir, kembali mengingatkan, misalnya aplikasi ponsel, nomor telfon maskapai atau kontak penting lainnya dapat membantu Anda jika tengah berada dalam kesulitan. "Kesulitan karena terjebak di bandara misalnya atau kendala perjalanan lainnua," ujar Rick.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA