Ahad 30 Nov 2014 02:55 WIB

Catat! Ini Sembilan Fakta Pentingnya Asupan Protein

Rep: C13/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Protein
Foto: Blogspot
Protein

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Protein merupakan zat yang sangat penting untuk manusia. Zat ini merupakan pembangun dan pendorong metabolisme dalam  tubuh.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, kebanyakan masyarakat sudah mendapatkan protein yang cukup. Namun, menurutnya, kebanyakan protein yang dimakan masyarakat masih salah. 

Untuk itu, Departemen Pertanian Amerika Serikat  merekomendasikan beragam pilihan makanan protein untuk kesehatan yang optimal. Makanan tersebut seperti ayam, ikan, kacang-kacangan, atau biji-bijian.

Berikut ini sembilan fakta protein seperti yang dilansir laman aloha.com.

1. Protein adalah nutrisi yang paling banyak dalam tubuh kita selain air. Wanita dewasa rata-rata harus memiliki sekitar 46 gram protein per hari. Sedangkan rata-rata pria dewasa harus memiliki sekitar 56 gram protein per hari.

Penentuan tersebut menandakan, setiap orang memiliki keperluan protein yang bervariasi. Kevariasian ini tentu  akan menambah pekerjaan kepada ahli gizi untuk menentukan jumlah protein yang dibutuhkan setiap orang.

2. Protein memiliki efek termal pada tubuh. Hal ini karena tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. 

3. Protein membantu menstabilkan kadar gula darah manusia.

4. Asupan protein setelah olahraga dapat mengurangi kerusakan otot.

5. Diet berbasis tumbuh-tumbuhan dapat menyediakan protein yang cukup. Ini bisa didapatkan  selama penkomsumsi memakan campuran kacang, kacang-kacangan, dan biji-bijian untuk menerima asam amino yang lengkap. 

6. Aprikot kering dan alpukat adalah buah yang memiliki tingkat protein tertinggi.

7. Untuk sayuran, kacang polong, bayam, brokoli, dan kubis Brussel merupakan pilihan terbaik untuk protein.

8. Manusia boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein. Namun konsumsinya  tidak boleh lebih dari 35 persen dari total kalori per hari.

9. Protein memiliki manfaat yang penting bagi tubuh. Untuk itu, menurut aloha.com, masyarakat diminta untukmencoba   setidaknya 10 gram protein dari telur, kacang-kacangan, biji-bijian, atau bubuk protein.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement