Rabu 26 Nov 2014 09:33 WIB

Makanan Sehat Ini Penting Saat Musim Flu (2-Habis)

Kimchi, makanan fermentasi khas Korea.
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Kimchi, makanan fermentasi khas Korea.

REPUBLIKA.CO.ID, Musim hujan membuat banyak orang mudah sakit. Rumusan untuk menghindari flu dan demam tergolong mudah. Banyak minum air putih, hindari stres, dan cuci tangan secara rutin.

Apa yang dimakan tapi juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Untuk mengetahui bagaimana cara menghindari flu atau demam, laman Fashion Spot, Rabu (26/11), mewawancarai pakar kesehatan Ellie Scully. Berikut adalah empat cara untuk meningkatkan kesehatan tubuh saat musim hujan.

3. Bawang putih

Bawang putih merupakan makanan yang kaya antibakteri. Menyantap bawang putih sama dengan membantu memerangi bakteri dan infeksi akibat virus. Terlebih, bawang putih rasanya enak dan mudah diolah saat memasak.

4. Makanan fermentasi

Menyantap makanan fermentasi sama dengan menenggak pil probiotik. Fungsinya untuk memberi manfaat pada bakteri yang secara alami ada di sistem pencernaan tubuh serta membantu pencernaan bekerja dengan lebih ringan.

Dengah menambahkan menu fermentasi ke makanan sehari-hari, Anda akan membantu kerja sistem pencernaan, juga membuat kulit lebih cerah, mengurangi kegemaran makanan makanan manis, dan membantu tubuh membuang racun atau detoksifikasi. Sebagain besar manusa memiliki flora di perut yang tidak seimbang karena kerap menyantap makanan yang kaya gula atau makanan prosesan. Makanan tersebut menciptakan tak hanya racun tubuh tapi juga membuat tubuh stres, hingga akhirnya sakit.

Makanan fermentasi yang baik diantaranya sauerkraut, acar, kimchi, kombucha, dan miso jepang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement