Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wah, Danamon Ciptakan Aplikasi Pengiriman Uang Lewat Facebook

Senin 17 Nov 2014 16:55 WIB

Rep: CR05/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Tampak layar komputer tengah membuka situs facebook.

Tampak layar komputer tengah membuka situs facebook.

Foto: howstuffworks.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dalam aplikasi D-Mobile yang baru diluncurkan Bank Danamon, hari ini (Senin, 17/11), terdapat fitur 'SosMed D-Cash'. Fitur yang baru pertama kali ada di Indonesia tersebut memberi layanan pengiriman uang melalui media sosial facebook.

Head Consumer Lending Djamin Nainggolan memaparkan tutorial untuk meggunakan fitur tersebut. Adapun fitur harus terlebih dulu diunduh melalui Google Play, Blackberry App World maupun Apple App Stor.

"Transaksi dilakukan dengan cara membuka aplikasi D-Mobile, pilih menu pembayaran dan Sosmed D-Cash, dilanjutkan log in ke dalam facebook dan memilih teman facebook yang akan menjadi penerima dana," ujar Djamin.

Setelah itu, dilanjutkan Djamin, pengirim tinggal memilih nominal dengan memasukan nilai dana yang akan diberikan. Lalu, pengguna akan diminta membuat passcode dan memasukkan nomor ponsel penerima dana.

"Notifikasinya akan terunggah pada private wall Facebook dan hanya dapat dilihat serta dibaca oleh pemberi dan penerima dana," lanjutnya.

Passcode itu, kata dia, menjadi salah satu data yang akan digunakan oleh teman facebook untuk mengambil dana di ATM Danamon yang memiliki tanda layanan D-Cash.

"Tidak perlu memiliki rekening Danamon atau rekening perbankan lainnya, cukup dengan mengakses fitur Collect Money pada D-Mobile dengan memasukkan nama akun Facebook dan sejumlah data yang diminta," katanya.

Data yang diminta tersebut, seperti nomor handphone, passcode, nomor Ref Id dan nominal: kemudian penerima dapat pergi ke ATM Danamon terdekat yang memiliki tanda layanan D-Cash.

"Fitur inovatif ini juga telah dilengkapi dengan sistem pengamanan sehingga transaksi melalui fitur facebook dapat dilakukan dengan aman," imbuhnya.

Saat ini, sebanyak 1280 ATM Danamon yang bertanda D-cash di seluruh Indonesia telah siap untuk mendukung proses transaksi melalui fitur SosMed D-Cash.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA