Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Riedl Coret Sembilan Pemain

Kamis 13 Nov 2014 13:00 WIB

Red:

JAKARTA — Pelatih tim nasional Indonesia, Alfred Riedl, melakukan pencoretan terhadap sembilan pemain. Dengan demikian, skuat Garuda saat ini hanya menyisakan 26 pemain saja dari daftar 35 pemain yang dipanggil.

Sembilan pemain tersebut adalah Greg Nwokolo, Hamka Hamzah, Hendro Siswanto, Ferdinand Sinaga, Tony Sucipto, Ruben Sanadi, Teguh Amiruddin, Dedi Hartono, dan Andritany Ardhiyasa.

"Andritany mengalami cedera sehingga tidak bisa bersaing dengan penjaga gawang lain. Sementara, Teguh Amiruddin kalah kualitas dengan Kurnia Meiga, Dian Agus Prasetyo, dan I Made Wirawan," ujar Riedl saat dijumpai pada sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (12/11).

Sementara itu, untuk Dedi Hartono, Riedl mengakui jika sebenarnya ia berat mengambil keputusan tersebut. Namun, semua harus dilakukan untuk memangkas skuat yang dipersiapkan untuk Piala AFF yang akan berlangsung pada 20 November-22 Desember.

Kejutan dibuat Riedl dengan tidak memanggil striker Persib Bandung, Ferdinand Sinaga. Padahal, top skor Indonesia di Asian Games lalu itu adalah pemain terbaik Liga Super Indonesia (ISL) 2014.

Pencoretan akan kembali dilakukan Riedl hingga 19 November. Skuat Merah Putih nantinya hanya akan diperkuat 22 pemain, ditambah satu kiper sebagai cadangan.

"Kami masih memiliki waktu hingga sehari sebelum laga perdana untuk menentukan 22 nama pemain ditambah satu penjaga gawang yang nantinya menjadi cadangan andaikan salah satu kiper kita mengalami cedera," kata Riedl.

Sebelumnya, timnas sudah dipastikan tidak akan diperkuat bek tengah Hamkah Hamzah pada ajang Piala AFF. Hal itu lantaran pemain yang kini bermain di klub Malaysia, PKNS, tersebut mengalami cedera serius pada lututnya sehingga mengharuskan Riedl mencoret namanya dari skuat Garuda.

Hal tersebut tentu menjadi kerugian besar bagi timnas setelah sebelumnya, penyerang Greg Nwokolo juga gagal tampil dalam ajang sepak bola terbesar se-Asia Tenggara itu karena alasan yang sama.

Asisten pelatih timnas Indonesia Wolfgang Pikal menjelaskan, Hamka dipastikan tidak akan dibawa ke Piala AFF karena sang pemain membutuhkan waktu pemulihan kurang lebih satu bulan. "Hamka cedera dan tidak mungkin pulih dalam waktu dekat. Saya sudah konsultasi dengan tim dokter dan mereka bilang Hamka tidak bisa dibawa ke Vietnam karena perlu memulihkan cederanya hingga satu bulan lagi," kata Pikal.

Pikal menegaskan, Hamka sebenarnya sudah meminta mundur sejak tiga atau empat hari yang lalu. Namun, Riedl dan staf pelatih timnas meminta Hamka untuk bertahan dulu sambil melihat perkembangan kondisinya.

Setelah melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan tidak ada perkembangan yang berarti, manajemen timnas pun sepakat untuk melepas bek berusia 30 tahun tersebut.

Sementara itu, Hamka sudah menyatakan pamit kepada rekan-rekan setimnya sebelum timnas Indonesia menghadapi Timor Leste dalam laga uji coba internasional, Selasa (11/11).

"Terima kasih untuk seluruh staf pelatih dan juga teman-teman timnas atas dukungannya agar saya bisa lekas sembuh. Tapi, apa mau dikata, Tuhan berkehendak lain," tulis Hamka di Path pribadinya.

Mantan pemain Persija Jakarta itu mengaku sangat sedih karena tidak bisa memperkuat timnas di Piala AFF 2014. Ia pun berharap skuat Garuda mampu memenuhi target dengan merebut gelar juara dalam ajang dua tahunan tersebut. "Doa saya, rebutlah Piala AFF 2014. Buktikan kalian bisa," katanya.

Walau sudah kehilangan dua pemain, pelatih Alfred Riedl kemungkinan besar tidak akan mencari pengganti lagi. Sebab, pada kedua posisi tersebut masih ada pemain-pemain yang bisa menggantikan posisi mereka.

Masalah kebugaran memang menjadi kendala besar bagi skuat Merah-Putih saat ini. Beberapa pemain yang menghuni pelatnas saat ini pun ada yang kondisinya kurang fit. Mereka adalah Irfan Bachdim (Ventforet Tofu/Jepang), Ramdhani Lestaluhu (Persija Jakarta), dan Victor Igbonefo (Arema Cronus).

Indonesia akan melakoni fase grup putaran final Piala AFF 2014 Grup A di Hanoi, Vietnam, pada 22-28 November. Dalam grup tersebut, Indonesia akan bertarung menghadapi Laos, Filipina, dan Vietnam.
n c79 ed: fernan rahadi

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA