Selasa 11 Nov 2014 00:57 WIB

CT dan Erick Thohir Dukung Pemanfaatan Riset IPB

IPB
IPB

REPUBLIKA.CO.ID,BOGIR--Chairul Tanjung dan Erick Thohir mendukung peningkatan manfaat hasil-hasil riset IPB untuk kepentingan industri dan masyarakat.  Hasil-hasil riset IPB diharapkan lebih banyak lahir dari cara pandang outward looking.  

Demikian dinyatakan keduanya, sebagai anggota Majelis Wali Amanah (MWA) IPB pada Silaturahmi Pimpinan MWA IPB dengan para anggota MWA IPB periode 2014-2019, di Menara Bank Mega Lantai 25, Jakarta Selatan, 3/11.

"Riset di kampus sebaiknya makin terbuka terhadap harapan industri dan masyarakat pengguna hasil inovasi yang dihasilkan kampus. Sebab, sebuah produk riset baru bisa disebut inovatif  bila dapat dirasakan masyarakat, termasuk dapat dikomersilkan yang membawa kemanfaatan bagi kampus dan penelitinya juga," tegas Chairul Tanjung, mantan Menko Perekonomian Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, yang juga pimpinan kelompok usaha CT Corp ini.

Sedangkan Erick Thohir bereharap agar produk-produk inovasi IPB dapat lebih mendekati industri dan pasar, selain dimanfaatkan sebagai bagian dari Pengabdian Masyarakat yang selama ini sudah berjalan.

"Tentunya, pasti sudah banyak karya penelitian IPB yang dimanfaatkan industri, namun sekarang potensi pasar makin besar karena isu pangan dan hidup sehat makin dicari oleh masyarakat. Mengapa tidak rumah sakit hewan, yang menggunakan kepakaran dokter hewan alumni dan dosen IPB dibangun dengan cara mendekati pasar selain dibangun di kampus sebagai teaching hospital? Pasti banyak calon mitra bisnisnya," tandas Erick.

Silaturahmi pimpinan MWA IPB dengan anggota MWA IPB diselenggarakan untuk menyamakan persepsi harapan Rektorat dengan anggota MWA IPB dan menginformasikan perkembangan IPB dan program kerja MWA IPB periode 2014-2019 setelah terbitnya PP 66/2013. PP ini mengatur tentang Institut Pertanian Bogor sebagai Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTNBH) yang merujuk pada Undang-undang nomor 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi.

MWA IPB Periode 2014-2019 ini dipimpin oleh Prof. Dr. MA. Chozin (Wakil Senat Akademik) sebagai Ketua, Dr. Ahmad Mukhlis Yusuf (Wakil Masyarakat) sebagai Wakil Ketua, dan Prof. Rizal Syarief (Wakil Senat Akademik) sebagai Sekretaris.  Seperti diketahui, Chairul Tanjung, Erick Thohir, dan Sugiharto (mantan Menteri Negara BUMN) tercatat sebagai anggota MWA IPB yang mewakili Unsur Masyarakat. Terdapat empat wakil masyarakat dari 17 anggota MWA IPB sesuai Statuta IPB.

Prof. Chozin menegaskan tentang pentingnya komitmen semua anggota MWA dengan Rektorat IPB untuk bersama-sama meningkatkan peran nyata IPB bagi bangsa sesuai dengan mandat yang diberikan negara kepada IPB.  "IPB harus mampu menjawab tantangan kemandirian pangan, energi terbarukan dan pembangunan maritim yang kini menjadi perhatian Pemerintahan baru" ujar Prof. Chozin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement