Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Tips Asik Di Dapur Bersama Anak (2-Habis)

Jumat 24 Oct 2014 09:45 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Memasak di dapur bisa menjadi aktivitas ibu dan anak yang menyenangkan sekaligus edukatif.

Memasak di dapur bisa menjadi aktivitas ibu dan anak yang menyenangkan sekaligus edukatif.

Foto: Prayogi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kita semua tahu betapa pentingnya bermain dengan anak, dan kita semua tahu betapa pentingnya makanan sehat untuk mereka. Tapi, koki kecil Anda tak jarang ingin terlibat dalam kegiatan bundanya di dapur.

Tidak peduli apakah si kecil masih batita atau balita, Anda tetap bisa melibatkan mereka di dapur untuk memberikan mereka pelajaran khusus. Bagaimana caranya? Berikut pemaparannya, dilansir dari Brit.co, Jumat (24/10).

6. Baca resep
Anak Anda tak ingin kotor? Mintalah mereka membacakan resep Anda ketika memasak. Meskipun Anda sebetulnya sudah mengetahui cara memasak makanan tertentu, namun demi melibatkan anak Anda, biarkan mereka membacakannya. Ini akan menambah ilmu pengetahuan mereka.

7. Belikan alat masak
Jika Anda enggan untuk membiarkan anak-anak Anda menggunakan peralatan masak asli di dapur, maka belikan mereka alat masak-masakan. Banyak sekali alat-alat masak yang dirancang khusus untuk anak.

8. Bersabar
Ibu-ibu biasanya tidak suka ada kecelakaan terjadi di dapur. Ketika Anda memutuskan mengajak anak terlibat di dapur, sewaktu-waktu mereka akan membuat kesalahan, misalnya menumpahkan adonan, memecahkan mangkuk, dan lainnya. Tetaplah bersabar, karena semuanya butuh proses. Ajarkan anak Anda kepercayaan diri supaya mereka mau rajin ke dapur.

9. Memasak itu menyenangkan
Jika Anda pikir memasak adalah pekerjaan rumah, kemungkinan anak Anda juga berpikiran sama. Buatlah kegiatan memasak yang menyenangkan, misalnya dengan mengajak anak mengenakan topi atau celemek. Anda juga bisa menyetel musik sewaktu bekerja dan menghabiskan waktu di dapur.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA