Kamis 23 Oct 2014 10:36 WIB

Lee Chong Wei Diduga Positif Doping, Ini Reaksi Menpora Malaysia

Lee Chong Wei
Foto: AP Photo
Lee Chong Wei

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR  --  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia Khairy Jamaluddin Abu Bakar mengatakan nama atlet yang terlibat penggunaan obat terlarang baru akan diumumkan setelah hasil tes urine dikeluarkan oleh Agensi Anti-Doping Dunia (WADA).

"Kita masih menunggu keputusan ujian sampel B, namun hanya melibatkan satu kasus saja," kata Khairy seperti dikutip media lokal di Kuala Lumpur, Kamis (23/10).

Berdasar peraturan bulu tangkis internasional, mereka tidak akan mengumumkan nama atlet tersebut hingga keputusan ujian sampel B selesai.

Namun beberapa media menyebutkan ikon olahraga Malaysia yang diduga terlibat skandal tersebut adalah pebulutangkis nasional Lee Chong Wei. Ia disebut telah gagal dalam uji doping dalam sebuah turnamen internasional di Kopenhagen pada Agustus.

Seorang sumber seperti dikutip Berita Harian mengatakan pebulutangkis tersebut harus bersiap kena skors karena peluang untuk dirinya terlepas sangat tipis. Menurut dia, meskipun atlet itu berhak meminta ujian sampel B, namun 99 persen keputusan akan menyamai sampel A karena ujian dilakukan berdasarkan air kencing yang sama.

"Berdasar prosedur, air kencing yang diambil akan dibagi dua yaitu 60 ml untuk botol A dan 30 ml untuk botol B. Jadi dalam hal ini sukar untuk sampel B atlet tersebut menjadi negatif," katanya.

Sebelumnya mantan pemain beregu Malaysia Razif Sidek mengungkapkan bahwa ia sejak lama sudah tahu soal penggunaan obat yang disebutnya obat suntik dari Tiongkok itu, namun ia percaya ini bukan satu perbuatan yang disengaja.

Namun seorang mantan petinggi Persatuan Badminton Malaysia (BAM) mengaku belum pernah mendengar isu bahwa pebulutangkis nasional yang gagal uji doping itu telah menggunakan obat terlarang tersebut sejak beberapa tahun lalu.

"Saya tidak tahu apakah pernyataan Razif itu benar atau tidak. Saya belum pernah dengar mengenai perkara ini. Kalau sudah lama terjadi, kenapa dia tidak mengungkapkan sejak dulu, sekarang semua orang berspekulasi," kata bekas Ketua Prestasi Tinggi BAM Datuk James Selvaraj seperti dikutip Harian Kosmo.

Selvaraj menolak berkomentar mengenai siapa atlet yang terlibat skandal tersebut dan mengatakan bahwa belum ada pengesahan mengenai hal tersebut.

Dalam perkembangan lain, mantan pebulutangkis nasional Datuk Seri Jalani Sidek mengatakan ia termasuk salah seorang yang paling sedih jika spekulasi keterlibatan Lee Chong Wei tersebut terbukti.

"Sebagai bekas pemain, memang saya sedih sekiranya Chong Wei adalah atlet tersebut karena ia merupakan hal paling menyedihkan buat cabang olahraga badminton, mengingat status dia sebagai ikon negara selain sumbangan yang diberikan kepada Malaysia," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement