Sunday, 9 Muharram 1444 / 07 August 2022

Makanan-Makanan Ini Ternyata Bisa Disimpan dalam Freezer (2-Habis)

Rabu 15 Oct 2014 11:30 WIB

Red: Indira Rezkisari

Daun mint

Daun mint

Foto: aroundtheplate.org

REPUBLIKA.CO.ID, Daging, ikan, es krim. Kira-kira makanan-makanan itu yang umumnya tersimpan dalam freezer. Tapi jangan salah, bahan makanan yang bisa disimpan di freezer sebenarnya jauh lebih banyak.

Tak hanya memperpanjang masa simpan, menyimpan sejumlah bahan makanan dalam freezer juga akan membuat Anda bisa berhemat.

Berikut beberapa makanan yang bisa disimpan dalam freezer. Beberapa makanan ini, seperti dikutip dari laman The Daily Meal, namun memerlukan perlakuan yang berbeda. Berikut tips menyimpan makanan-makanan tertentu dalam kulkas.

4. Tepung terigu

Membekukan tepung terigu adalah trik tercerdas dalam menghemat uang. Sebab, membekukan terigu membantu menjaga kebersihannya dan tidak terindeksi kuman.

Simpan di tempat kedap udara dan keluarkan dari bungkus aslinya. Bekukan selama selam 48 jam untuk membunuh serangga lalu simpan di kulkas bagian tengah, untuk penyimpanan yang paling baik.

5. Rempah-rempah

Menyimpan rempah-rempah secara beku adalah cara yanga baik mempertahankan kelembaban rempah-rempah, demi menjaga rasanya. Mulai dengan mencuci dan mengeringkan daun rempah. Anda bisa juga memotongnya kecil-kecil atau sesuai selera sebelum membekukannya.

Di loyang kecil, ratakan daun rempah-rempah di atas kertas khusus masak dan letakkan secara tertutup dalam freezer. Ketika membeku, pindahkan ke kantung plastik dan masukkan kembali ke freezer.

Bisa juga membekukan daun rempah dalam cetakan es dan mengisi separuhnya dengan air. Ketika beku, cukup keluarkan es batu dan masukkan ke dalam makanan atau minuman.

6. Pasta tomat

Berapa kali Anda membuka sekaleng pasta tomat hanya untuk menggunakan sebagian saja? Lain kali, simpan sisa pasta tomat dalam freezer. Atau bekukan pasta tomat dalam cetakan es batu. Bila ingin digunakan, cukup cemplungkan pasta tomat beku dalam saus spageti kesukaan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA