Jumat 10 Oct 2014 07:16 WIB

Pria Kurang Olah Raga Sering ke Toilet Malam Hari

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Pria perlu sering berolahraga untuk menghindari penyakit prostat saat usia sudah mulai berumur.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Pria perlu sering berolahraga untuk menghindari penyakit prostat saat usia sudah mulai berumur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pria paruh baya yang kurang berolah raga cenderung berperilaku nokturia, yaitu sering bangun di malam hari untuk buang air kecil ke toilet. Ini merupakan hasil studi terbaru para peneliti di Loyola University Chicago Stritch School of Medicine, Amerika Serikat.

Temuan yang diterbitkan di Jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise ini didasarkan pada catatan analisis kesehatan orang tua berusia 55-74 tahun yang menjadi objek penelitian.

Peneliti Kate Wolin mengatakan, studi ini melacak gejala yang berhubungan dengan Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) di mana terjadi pembesaran prostat pada uretra pria yang menyebabkan urgensi kemih.

Analisis Wolin ini melibatkan lebih dari 33 ribu pria paruh baya. Pria yang aktif berolah raga minimal satu jam per pekan memiliki 13 persen risiko terhindar dari nokturia dibandingkan pria yang tidak pernah berolah raga sama sekali.

"Aktivitas fisik memberikan strategi untuk pengelolaan BPH pria, khususnya mengendalikan nokturia," ujar Wolin, dilansir dari Newsmax Health, Jumat (10/10).

Nokturia adalah gejala umum saluran kemih pada pria yang terjadi seiring pertambahan usia. Ini biasanya dialami lebih dari 50 persen pria berusia di atas 45 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement