Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Alat-Alat Rumah Tangga yang Jarang Dibersihkan (3)

Kamis 09 Oct 2014 17:30 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Kipas angin sering jadi magnet debu, bersihkan secara rutin.

Kipas angin sering jadi magnet debu, bersihkan secara rutin.

Foto: Darmawan/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda mungkin menggosok kamar mandi, mengepel lantai, mencuci seprei, dan menjemur bantal. Namun, Anda mungkin lupa untuk membersihkan beberapa peralatan rumah tangga yang tanpa disadari penuh kuman.

Ini dia daftar alat-alat di rumah yang kerap terlupakan untuk dibersihkan, seperti dilansir dari Brit.co, Kamis (9/10).

11. Bantal
Anda mungkin mencuci sarung bantal secara teratur, namun apakah Anda menjemur bantalnya secara teratur? Bantal yang tidak dijemur secara teratur akan menjadi sarang bagi tungau dan debu. Sesekali masukkan juga bantal Anda ke dalam mesin cuci dan aduk dengan air panas, kemudian keringkan.

12. Selubung elektronik
Mulai dari ponsel, iPhone, hingga android Anda mungkin memiliki casing atau selubung masing-masing. Beberapa penelitian menunjukkan selubung ponsel mengandung 18 kali kuman lebih banyak jika tidak dibersihkan.

13. AC
Jika ventilasi Anda dipenuhi kotoran dan debu maka itu akan menyebarkan kuman ke seluruh bagian rumah Anda. Anda pun akan bernapas dengan udara kotor. Sesekali bersihkan pendingin ruangan Anda.

14. Sapu
Sapu berguna untuk membersihkan hal-hal tertentu, namun bagaimana jika sapu itu pula yang kotor? Apakah Anda rela lantai Anda dibersihkan oleh alat kotor? Anda harus mencuci sapu atau alat pel rumah Anda sesekali.

15. Kipas angin
Kipas angin itu tanpa Anda sadari menjadi magnet debu. Jadi, jangan heran jika Anda sering menemukan debu-debu menumpuk di pusaran kipas angin Anda. Jangan lupa membersihkan kipas angin di rumah Anda.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA