Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Ini Dia 4 Karikatur Charlie Hebdo yang Menghina Nabi dan Islam (2-habis)

Kamis 09 Oct 2014 00:01 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Julkifli Marbun

Media massa(ilustrasi)

Media massa(ilustrasi)

Foto: [ist]

REPUBLIKA.CO.ID, 3. 'Untouchables:  You Must Not Mock Us' (Baca: Ini Dia 4 Karikatur Charlie Hebdo yang Menghina Nabi dan Islam (1))

Di edisi kali ini, Charlie Hebdo menggambarkan seorang Yahudi mendorong Nabi Muhammad di atas kursi roda. Di halaman ceritanya, Charlie Hebdo menggambarkan Nabi sedang telanjang. Bahkan ada dialog dimana Nabi Muhammad mengatakan dirinya sendiri seorang Yahudi.

Charlie Hebdo juga menggambarkan Muslim sebagai pembunuh, suka memicu peperangan, orang-orang gila yang suka berteriak, membakar kedutaan, dan berbagai hinaan lainnya. Charlie Hebdo mengatakan Muslim lah yang akan memicu Perang Dunia III di muka bumi ini.

4. 'If Mohammed Comes Back' atau 'Si Mohammet Revenait'

Ini adalah karikatur terbaru Charlie Hebdo. Media ini menggambarkan Nabi Muhammad dipenggal kepalanya oleh kelompok teroris ISIS.

Karikatur ini menceritakan bahwa seandainya Nabi Muhammad kembali pun ke bumi ini, maka dia akan bernasib tragis dengan cara dipenggal oleh ISIS. Karikatur terakhir ini diterbitkan justru ketika umat Islam seluruh dunia sedang merayakan Idul Adha.

Dalam hukum Islam, tidak ada satu pun pihak yang berhak menggambarkan Nabi Muhammad. (Baca: Jurnalis Mesir Kutuk Karikatur Nabi Dipenggal ISIS)

Oleh karenanya, dalam banyak buku yang mengisahkan tentang Nabi, beliau hanya diilustrasikan dengan lafazh Muhammad yang ditulis dalam bahasa Arab. Di film sekalipun, Nabi Muhammad tidak boleh diperankan secara kasat mata. Penerbitan komik atau karikatur Nabi Muhammad oleh Charlie Hebdo beberapa kali ini jelas merupakan penghinaan bagi umat Islam.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA