Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Ini Dia 4 Karikatur Charlie Hebdo yang Menghina Nabi dan Islam (1)

Rabu 08 Oct 2014 17:53 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Julkifli Marbun

Media massa(ilustrasi)

Media massa(ilustrasi)

Foto: [ist]

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penghujatan terhadap Islam dan Rasulullah Muhammad SAW adalah sebuah tindakan berani dan dosa berat yang dilakukan oleh media satir asal Prancis, Charlie Hebdo. Media ini menerbitkan sejumlah komik serial yang menceritakan kehidupan Nabi Muhammad dalam gambar dan tulisan bernada satir.

Charlie Hebdo sangat memusuhi agama, agama apapun. Media ini secara teratur dan bergantian mengolok-olok Gereja Katolik dan Yahudi, terutama Muslim. ROLers, berikut beberapa karikatur Charlie Hebdo yang sempat dipublikasikan.

1. 'The Life of Muhammad 1'
Komik edisi pertama ini terjual 53 ribu eksemplar. Komik 80 halaman yang berjudul 'Rasul Islam' itu menceritakan kronologi kehidupan Nabi Muhammad. Dialog dalam komik edisi pertama itu ditulis oleh Zineb, seorang sosiolog agama berdarah Prancis-Maroko.

Pembaca akan menemukan episode spektakuler mulai dari perjalanan Nabi dari Mekah ke Yerusalem mengendarai kuda bersayap, kemudian pertemuannya dengan Nabi Ibrahim dan Musa. Charlie Hebdo melukiskan peperangan Nabi seperti pembantaian, dimana beliau mengepung kaum Yahudi dan menyembelih mereka di dekat Madinah.

2. 'The Life of Muhammad 2'

Volume kedua ini Charlie Hebdo kembali menaruh minyak di atas api nan membakar emosi umat Islam. Charlie Hebdo menyebut Rasulullah sebagai Nabi yang semu, tidak sejelas Yesus. Dia menyebut Nabi Muhammad itu fana dan mukjizatnya konyol.

Dia juga heran mengapa setiap ucapan yang keluar dari Nabi Muhammad selalu diterima umat Islam dan tidak ada yang mempertanyakan kebenarannya. (bersambung)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA