Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Tiga Negara Bantu Persiapan Asian Games 2018

Selasa 07 Oct 2014 16:00 WIB

Red:

JAKARTA -- Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo mengatakan tiga negara yakni Qatar, Cina, dan Korea Selatan akan mendampingi Indonesia dalam persiapan menjadi penyelenggara Asian Games 2018. Ketiga negara ini akan membantu Jakarta dan Sumatra Selatan untuk bersiap menghelat multievent terbesar di Asia itu.

"Indonesia terakhir kali menjadi tuan rumah Asian Games tahun 1962 jadi membutuhkan pendampingan dari negara yang belum lama ini jadi penyelenggara. Setidaknya, berbagi pengalaman bagaimana caranya bisa sukses," kata Rita dalam seminar "Ayo Bangkit Olahraga Indonesia", di Jakarta, Senin (6/10).

Ia mengemukakan, Indonesia yang telah ditetapkan sebagai tuan rumah pada Asian Games 2018 membidik dua sukses sekaligus yakni di bidang penyelenggaraan dan prestasi. "National Olympic Committees (NOC) sendiri secara khusus meminta Cina dan Korea untuk membagikan ilmunya ke Indonesia mengenai bagaimana membina atlet dalam empat tahun ke depan agar berprestasi," kata dia.

Menurut Rita, menuai sukses prestasi itu akan menjadi bagian terberat dalam penyelenggaraan Asian Games. Persiapan prestasi dinilainya jauh lebih sulit ketimbang menyiapkan infrastruktur dan panitia pelaksana.

"Saat SEA Games 2011, pemerintah meminta sukses penyelengaraan dan prestasi dan bisa tercapai karena lobi untuk cabang olahraga yang dipertandingkan bisa dilakukan oleh tuan rumah. Tapi untuk Asian Games, tidak bisa lagi," ujar dia.

Ia menerangkan, Asian Games telah memiliki formula mengenai jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan yakni hanya 28 karena merujuk pada penyelenggaraan Olimpiade.

Selain itu, terdapat tiga negara yang memilih hak prerogatif untuk menolak keputusan tuan rumah. "Inilah tantangan, tapi kita harus tetap optimistis meski capaian pada Asian Games di Incheon kurang memuaskan," kata dia.

Indonesia telah ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Pada penyelenggaraan ajang olahraga paling bergengsi antarnegara Asia itu, pemerintah berencana menggelarnya di tiga provinsi, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatra Selatan.

Pada Asian Games di Inchoen, Indonesia berada pada urutan 17 dengan meraih 4 emas, 5 perak, dan 11 perunggu. antara ed: abdullah sammy

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA