Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Tata Ruang Banyuwangi Masuk Nominasi Penghargaan PU

Senin 06 Oct 2014 17:05 WIB

Rep: Antara/ Red: Indah Wulandari

Bupati Banyuwangi, Azwar Anas saat bertatap muka dengan petani

Bupati Banyuwangi, Azwar Anas saat bertatap muka dengan petani

Foto: Humas Pemkab Banyuwangi

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, masuk dalam lima besar nominator penilaian kinerja pemerintah daerah bidang penataan ruang terbaik di Indonesia berdasarkan penilaian dari Kementerian Pekerjaan Umum.

"Sejumlah kriteria penilaian antara lain soal rencana detail tata ruang, peraturan zonasi dan perizinan pemanfaatan ruang. Banyuwangi memang menaruh perhatian serius dalam melakukan penataan ruang, karena setiap wilayah memiliki zonasi yang jelas," kata Sekretaris Kabupaten Banyuwangi Slamet Kariyono, Senin (6/10).

Di wilayah utara misalnya, lanjut Kariyono, yang merupakan kawasan perhotelan, bangunan yang ada tidak boleh melebihi tinggi pohon kelapa.

"Dalam penataan ruang, kami juga memperhatikan keseimbangan lingkungan. Kami terus menambah ruang-ruang publik berupa ruang terbuka hijau yang dilengkapi dengan taman memadai, fasilitas wifi, taman bermain anak, arena olahraga, pusat kuliner, dan panggung kesenian," tambahnya.

Salah seorang dewan juri dari tim Kementerian PU Ernan Rustadi mengatakan Kabupaten Banyuwangi memiliki banyak kejutan yang berhasil mencuri perhatian tim juri, karena mampu dan terus berupaya mewujudkan penataan ruang yang baik.

"Ada perhatian terhadap hal-hal detail. Terlihat sekali kalau Kabupaten Banyuwangi memiliki tata kelola yang baik dengan standar yang cukup bagus," ujarnya.

Keterangan tertulis dari Bagian Humas Pemkab Banyuwangi menyebutkan, empat kabupaten lain yang menjadi nominator serupa, yaitu Bangka (Provinsi Kepulauan Bangka Belitung), Jepara (Jawa Tengah), Maros (Sulawesi Selatan), dan Sumbawa (Nusa Tenggara Barat).

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA