Jumat 03 Oct 2014 10:44 WIB

Perubahan Kulit Ini, Indikasikan Adanya Penyakit (2)

.
Foto: Prayogi/Republika
.

REPUBLIKA.CO.ID, Ada banyak alasan mengapa kunjungan ke dokter kulit perlu rajin dilakukan. Dokter kulit bisa memeriksa potensi kanker, mengecek tahu lalat, hingga membantu memperbaiki tampilan kulit yang diinginkan.

Selain itu, dokter kulit juga bisa memberi tahu jika ada masalah kesehatan yang harus diperhatikan serius. Terutama setelah dokter melihat perubahan tertentu di kulit.

Perubahan di kulit pasalnya bisa menjadi tanda atau gejala penyakit, seperti dikutip dari laman Daily Make Over.

5. Kulit keabu-abuan

Ini artinya ada kekurangan oksigen di darah. Artinya juga terjadi gejala emphysema atau mungkin serangan jantung. Bisa pula menjadi gejala COPD, TBC, pneumonia, dan kanker tertentu.

Penyebab lain adalah peritonitis, atau peradangan lapisan tipis jaringan tisu di abdomen yang disebabkan oleh bakteri atau jamur.

6. Kulit kering atau kuku

Jika kulit menjadi kering dan rambut serta kulit berubah rapuh, bisa jadi Anda mengalami masalah tiroid. Kulit harus selalu kelihatan halus, dengan tidak ada ruam atau pembengkakan.

7. Sangat sensitif bila terkena matahari

Kulit yang sangat sensitif bila terkena matahari mungkin merupakan gejala lupus, penyakit yang menyerang kekebalan tubuh.

8. Gatal, ruam yang melepuh

Ruam seperti ini dikenal dengan dermatitis herpetiformis, atau tanda dari celiac disease, sebuah ketidakmampuan pencernaan akibat reaksi dari makanan bergluten. Akibatnya lesi terjadi di beberapa tempat, biasanya sekitar lutut, sikut, kulit kepala, punggung, dan bokong. Mungkin juga dilanjutkan dengan perasaan terbakar di lesi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement