Jumat 03 Oct 2014 10:27 WIB

Perubahan Kulit ini, Indikasikan Adanya Penyakit (1)

.
Foto: Prayogi/Republika
.

REPUBLIKA.CO.ID, Ada banyak alasan mengapa kunjungan ke dokter kulit perlu rajin dilakukan. Dokter kulit bisa memeriksa potensi kanker, mengecek tahu lalat, hingga membantu memperbaiki tampilan kulit yang diinginkan.

Selain itu, dokter kulit juga bisa memberi tahu jika ada masalah kesehatan yang harus diperhatikan serius. Terutama setelah dokter melihat perubahan tertentu di kulit.

Perubahan di kulit pasalnya bisa menjadi tanda atau gejala penyakit, seperti dikutip dari laman Daily Make Over.

1. Mata kuning

Bagian putih mata yang kekuningan, biasa dikenal dengan kondisi scleral icterus. Kekuningan di mata bisa mengindikasikan kerusakan liver.

2. Mata berkantung dan sembab

Makanan tinggi sodium dan pola makan kaya garam bisa menyebabkan air terserap dari seluruh tubuh, termasuk di bagian bawah mata. Akibat lainnya adalah muncul alergi di bagian bawah mata, hingga menyebabkan mata sembab dan muncul warna keunguan.

3.Betis atau gusi membiru

Pada bagian tertentu tubuh, seperti di gusi atau betis bisa muncul warna kebiruan. Ini adalah akibat reaksi obat. Jika kulit berubah biru keabu-abuan, artinya ada indikasi kronis pada proses pencernaan akibat bahan kimia beracun.

4. Hiperpigmentasi

Paparan sinar matahari bukan satu-satunya penyebab hiperpigmentasi. Timbulnya lipatan tebal berwarna kecokelatan di kulit, terutama di leher, ketiak, dan selangkangan juga merupakan tanda-tanda awal diabetes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement