Jumat 26 Sep 2014 23:10 WIB

Kurikulum 2013 Berikan Tiga Kompetensi

Rep: Niken Paramita/ Red: Maman Sudiaman
Musliar Kasim
Foto: Prayogi/Republika
Musliar Kasim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim memberikan bimbingan teknis tematik kurikulum 2013 di depan 50 guru sekolah dasar se-Jakarta di kantor Frisian Flag di Jakarta, Jumat (26/9). Meski sudah berjalan selama satu tahun program pelatihan ini terus digalakkan meski untuk terus memberikan pemahaman kepada guru.

"Kurikulum 2013 memberikan tiga kompetensi sekaligus, yakni pengetahuan keterampilan dan sikap," katanya.

Kurikulum 2013 sendiri dikembangkan menurut Musliar agar siswa menjadi lebih produktif, inovatif, kreatif, afektif melalui sikap, keterampilan dan pengetahuan yang terintegrasi. Karena itu, tambahnya, apapun mata pelajaran apapun yang diberikan harus diberi keterampilan dan sikap.

"Dulu biasanya pengembangan sikap hanya diberikan pada pelajaran PPKN dan Agama. Sekarang semuanya mau membangun kompetensi sikap," ujarnya. 

Pengembangan keterampilan ini diyakini bakal mengoptimalkan potensi anak sesuai bakatnya masing-masing. Maka diharapkan baik guru maupun orangtua memberikan motivasi apapun bakat anak.

"Dulu tidak ada motivasi kalau anak bisa melukis bisa lebih kaya dari guru. Padahal sekarang harga sebuah lukisan bisa lebih dari gaji guru setahun," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement