Senin 22 Sep 2014 13:00 WIB

Stamford Bridge Mungkin Bersinar

Red:

Beberapa waktu lalu, BBC pernah melakukan jajak pendapat yang melibatkan 29 responden kompeten. Mereka semua adalah para pakar dan komentator yang biasa menghiasi layar kaca BBC TV dan radio BBC. Mayoritas responden adalah para mantan pemain sepak bola, seperti Phil Neville, Robbie Savage, Danny Murphy, Kevin Kilbane, dan Alan Shearer.

Dari penelusuran BBC tersebut, hanya lima tim yang muncul dari para responden. Lalu, 19 orang atau 66 persen sangat yakin Chelsea yang akan menjadi juara musim ini. Delapan suara (28 persen) menjagokan Manchester City yang bakal menjadi jawaranya, sementara Manchester United hanya mendapat dua suara (7,0 persen).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:PAUL HACKETT/X00813

Cesc Fabregas(kiri)

Hasil lain menunjukkan, hanya empat pakar yang memprediksi Arsenal akan finis pada peringkat kedua. Yang mengejutkan, tak satu pun pakar yang menyebut Liverpool bisa menembus posisi empat besar. Juga tidak satu responden pun yang menilai Everton maupun Tottenham Hotspur yang masing-masing finis pada urutan kelima dan keenam musim lalu akan mampu melejit hingga top four.

Kebanyakan para ahli tersebut membuat prediksi atas dasar kondisi setiap klub sekarang. Manchester United yang musim lalu mengakhiri kompetisi pada peringkat ketujuh mendapatkan dua suara dari Dion Dublin dan John Motson. Mereka beralasan Manajer MU Louis van Gaal bakal membuat perubahan besar pada timnya, termasuk dengan membeli beberapa pemain top sebelum jendela transfer ditutup pada 1 September.

Secara keseluruhan, hasil observasi BBC menunjukkan, Chelsea yang akan menjadi juara, sementara posisi kedua akan diisi oleh Manchester City. Peringkat ketiga dan keempat masing-masing akan direbut oleh Arsenal dan Manchester United.

"Chelsea musim lalu mampu menusuk ke posisi puncak tanpa memiliki penyerang tengah. Namun, sekarang tim ini punya Diego Costa dan juga Didier Drogba," ujar Alan Shearer, mantan pemain yang pernah lama bergabung dengan Newcastle United. "Saya tak berpikir Drogba bisa sering dimainkan, tetapi dia selalu bisa membuat kejutan."

Faktor Jose Mourinho juga menjadi faktor Shearer yakin Chelsea bisa digdaya musim ini. Mourinho tentu akan berpikir keras agar menapaki musim ketiganya di Liga Primer tak seperti dua musim sebelumnya, tanpa satu pun trofi.

"Chelsea menjadi favorit karena mereka mempunyai rekor pertahanan yang bagus tahun lalu dan mempunyai dua penyerang brilian yang bisa mengancam tim manapun, yaitu Cesc Fabregas dan Diego Costa," ungkap Robbie Savage, mantan pemain Manchester United.

Musim lalu, Chelsea tak jauh dari City yang akhirnya meraih titel juara. "Mereka sekarang lebih kuat lagi, sementara saya tak yakin dengan performa City," kata Pat Navin, pria kelahiran Glasgow, Skotlandia, yang juga pernah bermain di Chelsea dan Everton.

Sependapat dengan Navin, Danny Mills, mantan pemain bertahan tim nasional Inggris dan Leeds United, menilai Chelsea sekarang memiliki susunan pemain yang paling baik. "Kekuatannya nyaris sama kuat dengan City, tetapi Mourinho tahu betul dia bisa menciptakan peluang dan meraih gelar juara."

"City mempunyai banyak pemain yang berpengalaman dan bisa meraih gelar juara sebelumnya. Juga mereka sudah membeli bek Eliaquim Mangala dari Porto, dan rekannya di bek sentral, Vincent Kompany, akan menjadi pemain yang makin matang," kata John Hartson, mantan striker Arsenal pada 1995 hingga 1997, yang menjagokan tim sekota Manchester United tersebut.

Di mata John Motson, City sepertinya akan lebih fokus untuk berlaga di kancah Eropa. "Mereka ingin mempertahankan gelar liga, tetapi mereka juga berharap bisa tampil lebih gemilang di Liga Champions kali ini. Bila mereka lebih banyak menghabiskan energi di sana, mereka mungkin akan kehilangan kesempatan di liga domestik," ujar John Motson, yang sudah menjadi komentator untuk 1.500 pertandingan sepak bola sejak 1971.

Bagaimana dengan Arsenal? Chris Waddle berpendapat, klub ini memang kuat, tetapi sering kesulitan menjaga pemainnya agar tetap dalam kondisi fit hingga akhir kompetisi. "Banyak pemainnya mengalami cedera," ujar mantan pemain yang sudah 62 kali memperkuat timnas Inggris pada 1985–1991 ini.

Kevin Kilbane, pemain yang pernah lama bermain bagi Sunderland dan Everton, menyatakan Arsenal perlu memperkuat barisan pertahanannya. "Mereka mempunyai pilihan yang banyak di lini depan, tetapi sangat sedikit di pertahanan, khususnya di lini tengah," ujarnya.

Liverpool yang musim lalu nyaris meraih gelar juara, tetapi akhirnya hanya finis sebagai runner-up tak dijagokan para pakar pada musim ini. Shearer menilai, kepergian Luis Suarez ke Barcelona akan menjadi pukulan telak bagi tim yang bermarkas di Anfield tersebut. Apa alasannya?

"Di belakang Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, Luis Suarez mungkin pemain terbaik ketiga di dunia. Sangat mustahil menggantikan posisinya," ujar Shearer. "Liverpool memang sudah mengontrak banyak pemain bagus untuk menggantikan posisi Suarez, tetapi butuh waktu lama untuk bisa menyatu dengan tim."

Peran Suarez bagi Liverpool musim lalu sangat dominan. Dari 33 penampilannya bersama Liverpool, pemain asal Uruguay ini mampu mencetak 31 gol, nyaris bisa menyumbang gol dari tiap pertandingan. Selain itu, dia juga mampu memberikan assist-assist cantik bagi rekan-rekan satu timnya. Dia pun pernah sekali mencetak hattrick bagi Si Merah. ed: rakhmat hadi sucipto

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement