Ahad 21 Sep 2014 14:21 WIB

Jamaah Haji Khusus Tempati 8 Maktab di Arafah

Red: operator

Jumlah jamaah haji Indonesia yang sudah tiba di Tanah Suci mencapai 105.500 orang.

JEDDAH -Jumlah jamaah haji khusus asal Indonesia pada musim haji 2014 mencapai 13.200 orang. Menurut Kepala Seksi Pengendalian Penyelenggara Ibadah Haji Khusus PPIH Daker Jeddah Cecep Nursyamsi, pada saat wukuf di Arafah, jamaah haji khusus akan ditempatkan di delapan maktab.

Pelaksanaan wukuf di Arafah di perkirakan akan jatuh pada Jum at, 3 Oktober 2014. Jamaah haji khusus asal Indonesia akan me nempati Maktab 111-116 dan Maktab 75-76. "Harga paket maktab ini sangat tergantung servis yang diberikan oleh maktab dan jarak maktab ke Jamarat,"ujar Cecep di kantor Teknis Urusan Haji (TUH) KJRI di Jeddah, Arab Saudi, Jumat (19/9) malam.

Maktab merupakan kantor atau tempat yang mengatur urusan ibadah haji. Maktab bertugas melakukan pembagian kelompok jamaah haji di setiap mua sasah (organisasi gabungan antara mutawif (pembimbing tawaf yang biasa disebut syekh)dan muzawir (pembimbing ziarah) di Arab Saudi). Indonesia tergabung dalam Muasasah Muthawwifien (Asia Tenggara) di Makkah. Tiap-tiap muasasah dibagi dalam beberapa maktab.

Biasanya, setiap maktab mengurusi sekitar 2.000-3.000 orang jamaah haji. Bila satu maktab haji reguler berisi 3.000 orang jamaah, sedangkan maktab untuk jamaah haji khusus hanya sekitar 2.000-2.200 orang.

Sehingga, jamaah haji khusus tidak berjubel di dalam tendatenda maktab. Demi mendapatkan kenyamanan itu, biaya yang dikeluarkan masing-masing jamaah haji khusus berkisar 2.200 riyal-6.000 riyal atau setara Rp 7 juta hingga Rp 19 juta.

Fasilitas yang mereka terima beragam, namun tentunya lebih mewah. Selama pelaksaan wukuf, jamaah haji khusus akan tidur di atas kasur. Untuk paket yang termahal, terdapat sofa di maktab. Menu makanannya juga lebih beragam.

Cecep menjelaskan, jamaah haji khusus tersebut mengeluarkan dana lebih dan beragam untuk berhaji sesuai nilai paket yang ditawarkan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Harga paket haji untuk haji khusus ini sekitar Rp 95 juta hing ga paket termahal Rp 250 juta. Masa berhaji paket termahal ini sekitar 14 hari.Paket paling mahal ini di pasarkan Biro Perjalanan Maktour.

Mereka menawarkan paket termurah 17 ribu dolar AS sampai 23 ribu dolar AS (Rp 200 jutaRp 250 juta). Pada 2014, jumlah jamaah haji yang bisa dilayani Maktour sebanyak 314 orang.

Hingga pekan kedua September ini, sebanyak 6.431 orang jamaah haji khusus yang sudah diterbangkan 69 PIHK di Tanah Suci. Total PIHK yang akan memberangkatkan jamaah haji khusus mencapai 139. Penerbangan terakhir haji khusus yang menggunakan pesawat Saudia Airlines ini dijadwalkan pada 29 September 2014.

Menurut Cecep, penerbangan terakhir jamaah reguler ditutup pada 28 September sedang kan penerbangan terakhir ja maah khusus adalah 29 September. "Mereka sudah mendapat konfirmasi," ujar Cecep.

Jumlah jamaah

Sementara itu, jumlah jamaah haji Indonesia yang sudah tiba di Tanah Suci mencapai 105.500 orang per pukul 21.00 Waktu Arab Saudi (WAS), Jumat (19/9). Sebanyak 1.245 di antaranya merupakan petugas kloter. Data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag) RI menyebutkan, sebanyak 59.021 jamaah haji mendarat melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. Sementara, sisanya 46.479 calon haji, masuk melalui Bandara Pangeran Abdullah Abdul Aziz, Madinah.

Menurut pelaksana Siskohat Haji Indonesia Sahlan Rosidi, dengan data kedatangan jamaah haji sebanyak itu, berarti jumlah jamaah haji reguler dan jamaah haji khusus yang akan diberangkatkan dari Tanah Suci tersisa sekitar 63 ribu orang.

Sesuai jadwal ibadah haji yang disusun Kemenag RI, sebelum 29 September 2014, jamaah haji Indonesia yang mencapai 168.800 orang dipastikan tiba dan masuk ke Kota Makkah.

Sebab, Pemerintah Saudi akan menutup seluruh penerbangan (closing date), baik dari dan menuju ke negeri itu, mulai pukul 00.00 WAS, 29 September. Pelaksanaan wukuf di Padang Arafah diperkirakan jatuh pada 3 Oktober. rep:zaky al hamzah ed: heri ruslan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement