Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Diblokir Korsel, Media Korut Kirim Berita Asian Games Pakai Faksimili

Selasa 16 Sep 2014 11:58 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Pendukung tim sepak bola Korut merayakan kemenangan ketika mengalahkan Cina, 3-0.

Pendukung tim sepak bola Korut merayakan kemenangan ketika mengalahkan Cina, 3-0.

Foto: Therakyatpost

REPUBLIKA.CO.ID, INCHEON -- Para wartawan Korea Utara yang meliput Asian Games 2014 terpaksa harus menggunakan mesin faksimili untuk pengiriman berita karena akses internet ke laman mereka tidak bisa dibuka di Korea Selatan.

Kementerian urusan Unifikasi Korea Selatan kepada Korea Times, Selasa (16/9), mengatakan bahwa para awak media dari Korea Utara tidak mendapat akses khusus untuk membuka laman medianya, yang diblok oleh Korsel.

Hal tersebut berarti mesin faks kembali akan digunakan selama Asian Games di Incheon yang dimulai pekan ini. "Sudah diketahui bersama bahwa website Korea Utara tidak bisa diakses di Korea Selatan," kata pejabat kementerian itu seperti dikutip AFP.

"Kami memberitahukan ke Korut mengenai situasi ini dan mereka menyadari hal itu. Kami menyetujui penggunaan mesin faks oleh wartawan Korea Utara untuk pengiriman laporan ke media masing-masing. Sejauh yang saya tahu, pihak delegasi Korut belum mengajukan permintaan perubahan kebijakan ini."

Reporter dari Korut, yang dengan mudah dikenali dari pakaiannya, merupakan bagian dari sejumlah besar anggota delegasi yang telah melintasi batas ke Korsel.

Hari Selasa, surat kabar resmi Korut Rodong Sinmun menayangkan berita empat halaman mengenai kemenangan tim sepak bola negara itu 3-0 atas Tiongkok, tanpa menyebut tempat berlangsungnya Asian Games 2014 ini.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA