Ahad 14 Sep 2014 14:30 WIB

Kelas Robot Latih Kreativitas Murid di Belanda

Rep: Antara/ Red: Indah Wulandari
Robot
Foto: AP
Robot

REPUBLIKA.CO.ID,DELFT--Sekolah Indonesia Nederland (SIN) menyelenggarakan kelas robotika untuk mengenalkan para siswa mengenai teknologi tersebut dan aplikasinya dalam bentuk perakitan robot.

"Robotika merupakan salah satu teknologi mutakhir, dan saat ini menjadi tren, baik di lingkungan sekolah, pendidikan tinggi, maupun masyarakat umum," kata Safreni C. Sari, instruktur kelas robotika, Ahad (14/9).

Untuk saat kelas robotika SIN dibuka untuk siswa kelas menengah pertama dan atas.

"Seluruh siswa SMP dan SMA di SIN mengikuti kelas ini. Jumlahnya 35 siswa," kata Safreni.

Ia menambahkan bahwa kelas robotika ikut menunjang bidang studi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang diberikan kepada para siswa sejak kelas 7. Safreni menjelaskan materi teknologi robotika terdiri atas beberapa tingkat berdasarkan aktivitas yang dikerjakan serta teknologi yang diterapkan.

Pada tingkat dasar, kata dia, para siswa merakit sebuah robot yang bentuk dan kemampuannya sudah ditentukan dan diprogram.

"Pada tingkat dasar ini siswa merakit robot berbentuk kincir angin, yang gerakan kincirnya telah diprogram," ujar Safreni.

Pada tingkat berikutnya, para siswa merakit robot dengan bentuk dan gerakan berbeda yang kesulitannya makin meningkat, seperti robot berbentuk anjing laut yang gerakannya mengikuti tepukan tangan dan line follower robot berbentuk kumbang yang bergerak mengikuti garis yang dideteksi, serta robot berkaki dua.

Di kelas robotika untuk sekolah menengah atas, siswa harus membuat program sendiri agar robot yang telah dirancang dapat bergerak sesuai dengan yang diinginkan.

"Belajar robot menyenangkan dan seru, apalagi kalau dimodifikasi dengan program komputer. Sangat menantang," kata Ghina Salsabila, siswa SIN kelas 8.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement