Jumat 12 Sep 2014 14:00 WIB

Kuota Haji Tersisa Sembilan Kursi

Red:

JAKARTA -- Masa optimalisasi kuota haji yang ditutup Kamis (11/9) pukul 14.00 WIB menyisakan sembilan kursi. Pengisian sisa kuota yang dilakukan melalui bank pun dihentikan dengan total kuota 154.049. '' Rinciannya, sisa tujuh untuk calhaj ditambah dua petugas, jadi jumlahnya ada sembilan,'' kata Kasubdit Pendaftaran Haji Nur Arifin kepada Republika, Kamis (11/9).

Sebelumnya, dua jam sebelum penutupan, tujuh orang jamaah calon haji (calhaj) yang siap mengisi kuota kosong sudah dihubungi melalui telepon. Mereka adalah jamaah calhaj asal Lampung (satu orang), Jakarta (satu orang), Sumatra Selatan (dua orang), dan Jawa Barat (tiga orang). Namun, hingga closing time tiba, mereka belum juga melunasi pembayaran.

Adapun jumlah total peristiwa pembatalan jamaah sejak 5 September 2014 adalah sebanyak 522 orang. "Jumlah total pengisian kuota adalah 155.191 orang atau 99,99 persen," ujarnya.

Sebelumnya, dalam masa perpanjangan optimalisasi pengisian sisa kuota haji 2014, terjadi perkembangan signifikan dalam proses pengisian sisa kuota haji per Rabu (10/9). Yakni, terjadi pelunasan oleh calhaj sebanyak 100 orang.

Dua hari sebelumnya, tercatat data sisa kuota haji sebanyak 109 orang. Namun, berbarengan dengan itu, terjadi pula pembatalan jamaah calhaj sebanyak 14 orang. Sehingga, tersisalah kuota haji pada Rabu (10/9) yakni 23 orang lagi. ''Yang sisa 23 ini sudah ada calon pendaftarnya, mereka juga sudah menyiapkan paspor dan tinggal melunasi esok harinya," ujar Nur.

Kesiapan tersebut, lanjutnya, disebabkan Kemenag telah memiliki data dan daftar waiting list yang cukup banyak dan seluruhnya telah memiliki paspor. Dengan begitu, jika ke depannya ada pembatalan lagi, jamaah calhaj antrean selanjutnya dapat segera mengisinya hingga jangka waktu yang ditetapkan.

Karena sistem pengisian kuota haji 2014 tahap final ini berdasarkan antrean kuota nasional, Nur mengatakan, statusnya tidak lagi diserahkan kepada provinsi. "Daftar antrean jamaah calhaj yang masuk diurutkan dari jamaah paling tua, tanpa memandang dia dari provinsi mana," ujarnya.

Menyikapi kuota yang masih tersisa sebanyak tujuh orang, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Abdul Djamil mengatakan, Kemenag telah menetapkan sistem yang berprinsip pada optimalisasi kuota haji mengingat antrean calhaj yang masih panjang. Namun, jika pada akhirnya masih tersisa kuota haji, hal tersebut di luar kendali dari hasil ikhtiar selama ini.

Logikanya, Nur mengatakan, kuota haji akan terpenuhi seratus persen, animo masyarakat pun sangat tinggi dan telah siap mengisi jika ada pembatalan mendadak. Antrean jamaah calhaj cadangan pun jumlahnya melebihi jumlah kuota yang kosong. Namun, pada akhirnya, kuota masih tersisa juga.  Ia menegaskan, setelah masa penutupan, tidak akan ada lagi pendaftaran haji di tahun keberangkatan haji 2014.

rep:c78 ed: andi nur aminah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement