Kamis 28 Aug 2014 22:26 WIB

Habibie Canangkan Pembangunan Kampus ITH Parepare

Presiden BJ. Habibie (tengah), bersama mantan Wakil Presiden Jusuf kalla (kiri), dan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI Sulistyo)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Presiden BJ. Habibie (tengah), bersama mantan Wakil Presiden Jusuf kalla (kiri), dan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI Sulistyo)

REPUBLIKA.CO.ID, PARE PARE -- Presiden ketiga RI BJ Habibie mencanangkan pembangunan Gedung Rektorat Institut Teknologi BJ Habibie (ITH) Parepare, Sulsel, Kamis (28/8). "Diharapkan dengan pembangunan kampus ini akan memberikan dorongan peningkatan kualitas pendidikan bukan hanya di kota ini, tetapi juga daerah lainnya," kata Habibie disela-sela "Ground breaking" perguruan tinggi yang fokus pada keilmuan komputer dan teknologi itu di Kota Parepare, Sulsel.

Pembagunan ITH itu akan memanfaatkan eks lahan Gedung Pemuda, Parepare. Sedang gedung tersebut rencananya berlantai 10 dan akan menjadi salah satu gedung rektorat tertinggi di Sulsel. Pembangunannya diperkirakan menelan anggaran puluhan miliar rupiah. Pemkot sendiri telah menyediakan anggaran Rp1,9 miliar dalam APBD Perubahan Kota Parepare periode 2014.

Sementara itu, Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe mengatakan bangunan yang berdiri di atas lahan seluas dua hektare tersebut, akan menjadi lokasi kampus pertama ITH sebelum kampus utama selesai dibangun di daerah Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare.

"Selain sarana perkantoran, bangunan ini juga akan dilengkapi sarana perpustakaan, laboratorium dengan estimasi jumlah ruang perkuliahan sebanyak 19 buah," ujarnya.

Ide pendirian ITH, lanjut dia, diilhami keinginan masyarakat Parepare mewujudkan diri sebagai mercusuar pendidikan di utara Provinsi Sulsel. Saat ini proposal pendirian ITH telah berada di meja Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Jakarta.

Habibie sendiri menyatakan mendukung sepenuhnya rencana Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe menghadirkan ITH di Kota Parepare. Salah satu bentuk dukungan BJ Habibie, menyerahkan lahan eks Gedung Pemuda milik Yayasan The Habibie Centre sebagai rektorat ITH Parepare.

"Dari dulu saya telah berobsesi Parepare harus menjadi pusat kemajuan dan peradaban. Parepare sangat prospek menjadi pusat keunggulan pendidikan di Indonesia," kata teknokrat kelahiran Parepare ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement