Senin 25 Aug 2014 10:42 WIB

Ingin Hadapi Stres? Coba Meditasi

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Meditasi/ilustrasi
Foto: spiritualhealingportal.com
Meditasi/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ROLers, Anda pastinya mengenal istilah meditasi. Meditasi yang bertujuan untuk mengistirahatkan ini tidak membutuhkan instrumen mahal seperti sepeda atau peralatan gym. Jadi, mengapa tidak mencobanya? 

Katy Perry setidaknya melakukan meditasi 20 menit setiap pagi. Hugh Jackman benar-benar bermeditasi dengan duduk tenang dan hening bersama kedua anaknya setiap pagi dan menganggap meditasi sebagai ritual untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Aktris Jordana Brewster bermeditasi untuk meredam emosinya. Arianna Huffington dan Oprah Winfrey bahkan menawarkan kelas meditasi untuk karyawan mereka. 

Berbagai penelitian menunjukkan meditasi memberikan manfaat super, di antaranya mengurangi stres, menurunkan tekanan darah tinggi, memperlambat alzheimer dan mengurangi ketergantungan tembakau.

Penelitian dari Johns Hopkins University menunjukkan meditasi sama efektifnya dengan antidepresan yang mengobati gejala kecemasan. 

Berikut adalah bukti lain tentang manfaat meditasi, dilansir dari HealthDay News, Senin (25/8).

1. Menurunkan tekanan darah

Studi Medical College of Wisconsin menunjukkan bahwa orang yang bermeditasi dua kali sehari selama 20 menit menurunkan tekanan darah mereka hingga 5mmHg. 

2. Otak menstimulasi hormon kebahagiaan

Meditasi membuat otak Anda mendapatkan dorongan serotonin, dopamin, dan endorfin. Semuanya mendorong hati Anda bersuasana baik dan positif.

3. Melancarkan pencernaan

Stres memicu ketidaksinkronan perut dengan otak yang akhirnya menghambat pencernaan. Santai akan membuat tubuh me-reboot sistem saraf parasimpatis yang akhirnya melancarkan pencernaan.

4. Nyeri berkurang

Praktik ini mengubah rasa sakit di otak menjadi hilang. Studi menunjukkan meditasi menurunkan intensitas nyeri hingga 40 persen.

5. Meredakan radang

Meditasi juga mengurangi peradangan yang disebabkan stres, serta menyembuhkan arthritis dan asma. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement