Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Gelar Mudik Gratis, AP I Sediakan 2.520 Kuota

Jumat 19 Apr 2019 11:23 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya

Pendaftaran motor mudik gratis lebaran 2019 yang berlokasi di samping Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (15/3).

Pendaftaran motor mudik gratis lebaran 2019 yang berlokasi di samping Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (15/3).

Foto: Republika/Agata Eta Andayani
Program mudik gratis AP I ini menggunakan moda transportasi bus dan kapal laut

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Angkasa Pura (AP) (Persero) segera membuka pendaftaran mudik gratis 2019 bagi masyarakat. Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan kuota yang disediakan untuk dari bagian program BUMN Mudik Gratis Tahun 2019 itu untuk 2.520 kuota pemudik.

Faik mengatakan AP I membuka pendaftaran mudik gratis bagi masyarakat di Provinsi DKI Jakarta, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan. “Angkasa Pura I menyiapkan transportasi bus dan kapal laut Pelni untuk program ini,” kata Faik dalam pernyataan tertulis yang diterima Republika, Jumat (19/4).

Dia menjelaskan dari total kuota sebanyak 2.520 kursi terbagi dalam beberapa moda transportasi. Sebanyak 63 bus AC bagi calon pemudik asal Jakarta menuju enam kota yakni Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Wonosobo, Bobotsari, dan Surabaya.

Sedangkan untuk pemudik yang menggunakan kapal laut, Faik memastikan AP I menyediakan seribu kursi kapal Pelni. “Rinciannya, 400 kursi jurusan Makassar ke Surabaya menggunakan KM Labobar dan 600 kursi rute Balikpapan ke Surabaya menggunakan KM Dobonsolo,” jelas Faik.

Dia mengatakan para peserta mudik gratis AP I akan mendapatkan paket makanan ringan, obat-obatan, kaos, dan souvenir lainnya. Faik menegaskan pemudik juga mendapatkan asuransi jiwa untuk kenyamanan dan keamanan selama perjalanan menuju kampung halaman.

Faik mengatakan pendaftaran mudik gratis dengan bus akan dilakukan decara online atau daring mulai 22 April hingga 4 Mei 2019. Pendaftaran dibuka melalui laman resmmi mudikgratis.ap1.co.id. Selanjutnya, pendaftaran secara langsung atau offline baru dibuka pada 6-17 Mei 2019 di Kantor Pusat Angkasa Pura I, Jakarta Pusat.

Sedangkan untuk pemudik dengan kapal laut, pendaftaran dapat menghubungi Kantor Cabang Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar mulai 1-25 Mei 2019. Untuk mendaftar, calon pemudik perlu membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) berupa dokumen asli dan fotokopi.

Faik mengatakan keberangkatan calon pemudik akan dilaksanakan secara bertahap. “Pada 30 Mei 2019 akan diberangkatkan satu bus rute Jakarta-Semarang dan 62 bus sisanya diberangkatkan pada 31 Mei 2019 dari Jakarta menuju Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Wonosobo, Bobotsari, dan Surabaya,” jelas Faik.

Sementara itu, untuk calon pemudik dari Makassar menuju Surabaya yang menggunakan KM Labobar diberangkatkan pada 27 Mei 2019. Selanjutnya pemberangkatan dari Balikpapan ke Surabaya dengan KM Dobonsolo akan dilakukan pada 30 Mei 2019.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA