Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Sambut Pelantikan Jokowi-Ma'ruf, ASJB Tampilkan Tari Daerah

Rabu 16 Oct 2019 00:50 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Alumni SMA Jakarta Bersatu  (ASJB) menampilkan tarian pergaulan khas Papua, Yosim Pancar (Yospan) sebagai langkah persiapan dalam menyambut pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih masa bakti 2019-2024, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin pada 20 Oktober mendatang.

Alumni SMA Jakarta Bersatu (ASJB) menampilkan tarian pergaulan khas Papua, Yosim Pancar (Yospan) sebagai langkah persiapan dalam menyambut pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih masa bakti 2019-2024, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin pada 20 Oktober mendatang.

Foto: Dok. Asjb.
Dalam persiapan pagelaran itu, telah dilakukan dua kali latihan bersama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Dalam menyambut upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih masa bakti 2019-2024, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin pada Ahad (20/10) mendatang, ratusan peserta yang tergabung dalam Alumni SMA Jakarta Bersatu  (ASJB), akan menampilkan tarian pergaulan khas Papua, Yosim Pancar (Yospan). Ketua Umum ASJB, Indra Soeharto mengatakan, mereka berkumpul dan menyajikan kegiatan, mewakili salah satu provinsi dengan kekayaan tradisinya. 

 

"ASJB merupakan organisasi yang awalnya terbentuk untuk mendukung Jokowi-Amin dalam pemilihan presiden lalu, kini melanjutkan dukungan hingga pelantikan Presiden terpilih," kata dia di Jakarta, Selasa (15/10).

 

Dalam persiapan pagelaran itu, telah dilakukan dua kali latihan bersama, yang terakhir, akhir pekan lalu para penari telah berkumpul dengan berkaos hitam dilengkapi aksesoris Papua. Seluruh peserta dengan penuh semangat, kompak, dan gembira mengikuti arahan koreografer, Stanley.

 

"Ini juga bentuk solidaritas dan empati kami pada saudara kami yang berasal dari Papua. Papua adalah bagian yang tak terpisahkan dari NKRI ini. Semangat kesatuan dan kegembiraan, kita hadirkan di sini, supaya menularkan semangat positif untuk persatuan Indonesia," ungkap Sekjen ASJB, Dede Radinal.

 

Penampilan tarian Yospan, merupakan bagian dari dukungan dan rasa syukur anggota ASJB untuk merayakan dan mensyukuri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. Pilihan pada tarian yang berasal dari Biak Numfor dan Serui-Waropen ini, dilakukan sebagai bentuk solidaritas dan rasa empati yang tinggi terhadap tanah Papua, sekaligus turut menanamkan rasa persatuan dan kesatuan NKRI.      

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA