Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Anies Sambut Pulang Satgas Karhutla Jakarta dari Jambi

Selasa 01 Oct 2019 20:45 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Israr Itah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat pengiriman Tim Satgas Terpadu Karhutla Pemprov DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat pengiriman Tim Satgas Terpadu Karhutla Pemprov DKI Jakarta.

Foto: Instagram
Ada 79 personel yang bertugas di sana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut kedatangan Tim Satuan Tugas (Satgas) Terpadu Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, di Balairung, Balai Kota Jakarta, Selasa (1/10) sore. Tim Satgas Terpadu Karhutla Pemprov DKI Jakarta ini telah menunaikan tugas kemanusiaan di Provinsi Jambi yang terdampak kabut asap, sejak tanggal 20-30 September 2019, khususnya di tiga wilayah, yakni Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Anies sangat mengapresiasi tugas mulia yang telah ditunaikan para Satgas Terpadu Karhutla ini. Gubernur pun menegaskan, Pemprov DKI Jakarta konsisten berkomitmen membantu daerah-daerah dan masyarakat yang terdampak bencana di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan demikian, penugasan Satgas Terpadu Karhutla Pemprov DKI Jakarta kali ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kepada masyarakat dari Pemprov DKI Jakarta atas bencana karhutla yang terjadi di beberapa provinsi di Indonesia.

“Alhamdulillah sore ini kita menyambut kembalinya para anggota Satgas Terpadu Penanggulangan Bencana Pemprov DKI Jakarta yang selama 10 hari mereka bertugas di Provinsi Jambi, ada 79 personel yang bertugas di sana," kata Anies.

Anies mengucapkan terima kasih sudah menjalankan amanat ini dengan baik. Ia mengatakan ini sebuah kehormatan karena membantu saudara sebangsa yang mengalami penderitaan akibat bencana. Satgas Karhutla dari Jakarta datang turun tangan, langsung terlibat. Ini membuat rasa persatuan semakin kuat.

"Kita ingin sekali perasaan sebangsa dan senegara itu dirawat dan yang kita kerjakan kemarin adalah bagian dari menjaga dan menguatkan persatuan,” ujar Anies.

Gubernur Anies turut mengapresiasi masyarakat dan Pemprov Jambi yang dengan tangan terbuka menerima kehadiran Tim Satgas Karhutla Pemprov DKI Jakarta untuk bertugas membantu penanggulangan bencana di wilayah Provinsi Jambi. Apresiasi juga disampaikan kepada semua pihak yang terlibat.

“Alhamdulillah, terima kasih dan apresiasi pada Pemprov Jambi, telah menyambut baik kedatangan personel Satgas dari DKI, sehingga, bisa bekerja bersama, termasuk juga masyarakat Jambi. Tugas mereka sudah selesai yang kembali dari Jambi," terangnya.

Kondisi saat ini, sambung Anies, tim masih memantau perkembangan. Namun ia berdoa semoga api seluruhnya bisa tuntas, baik di Sumatera maupun di Kalimantan. "Kami di Pemprov DKI selalu siap koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri bila kemudian dibutuhkan untuk terlibat di dalam membantu penanganan asap maupun penanganan api,” ungkap Anies.

Satgas terdiri dari 79 personel, terdiri dari unsur BNPD DKI Jakarta, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI Jakarta, Dinas Sosial DKI Jakarta, Biro Administrasi Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah DKI Jakarta, TAGANA Provinsi DKI Jakarta, BAZNAS BAZIS DKI Jakarta, Relawan Jakarta-Squad Penanggulangan Bencana, dan Tim Supervisi Institut Teknologi Bandung.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA