Rabu, 8 Safar 1440 / 17 Oktober 2018

Rabu, 8 Safar 1440 / 17 Oktober 2018

Bencana Sulteng, Jokowi Apresiasi Dukungan ASEAN

Jumat 12 Okt 2018 08:05 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bayu Hermawan

Bali Fintech Agenda. Presiden Joko WIdodo memberikan sambutan pada pembukaan seminar 'The Bali Fintech Agenda' rangkaian penyelenggaraan pertemuan tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10).

Bali Fintech Agenda. Presiden Joko WIdodo memberikan sambutan pada pembukaan seminar 'The Bali Fintech Agenda' rangkaian penyelenggaraan pertemuan tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10).

Foto: Republika/ Wihdan
Jokowi mengapresiasi dukungan negara ASEAN kepada Indonesia dalam bencana Sulteng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan kepada para peserta ASEAN Leaders' Gathering mengenai kondisi di Palu, Donggala dan beberapa wilayah lain di Sulawesi Tengah (Sulteng) yang terdampak gempa dan tsunami. Jokowi juga menyampaikan jumlah korban jiwa dan material akibat bencana tersebut.

"Pemerintah dan rakyat Indonesia bekerja keras untuk membantu para korban dan keluarganya. Saat ini kami masih fokus pada penanganan tanggap darurat dan mudah-mudahan dalam satu atau maksimum dua bulan ini tanggap darurat bisa kita selesaikan," ujarnya saat membuka pertemuan di Hotel Sofitel Nusa Dua, Bali, dikutip dari siaran resmi Istana.

Jokowi mengatakan langkah selanjutnya bagi Indonesia ialah melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi daerah terdampak bencana. Langkah itu diperkirakan akan memerlukan waktu selama kurang lebih dua tahun. Dalam kesempatan itu, Presiden menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan solidaritas yang ditunjukkan para negara-negara ASEAN selama Indonesia menghadapi masa sulit ini. Jokowi menyebut solidaritas itu membuat Indonesia merasa semakin kuat untuk melalui tantangan ini.

"Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas doa, solidaritas, dan kerja sama yang diberikan oleh para sahabat Indonesia. Your supports make us stronger," katanya.

Baca juga: JK akan Dampingi Sekjen PBB Tinjau Lokasi Bencana Sulteng

Semetara Wakil Presiden Jusuf Kalla, hari Jumat (12/10) ini, akan mendampingi Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres meninjau dampak gempa bumi dan tsunami di Kota Palu, Jumat (12/10). Sekjen PBB, CEO Bank Dunia serta perwakilan Asian Development Bank (ADB) akan menerima paparan mengenai penanggulangan bencana di Provinsi Sulawesi Tengah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA